31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Saatnya Terminal Dibuat Senyaman Bandara

PENGAMAT transportasi Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, mengatakan, setelah dikelola pusat, Terminal Mangkang diharapkan bisa menjadi lebih baik. Karena terminal akan dibagi dalam beberapa zona. Yakni, zona I penumpang sudah bertiket. Zona II penumpang belum bertiket. Zona III perpindahan, dan zona IV pengendapan. Konsep terminal akan seperti di stasiun kereta api yang dipisahkan antara tempat menunggu penumpang dengan tempat pemberangkatan.

”Dalam zona-zona ini nanti penumpang bisa naik ketika bus sudah siap. Untuk di Jawa Tengah, contohnya sudah ada Terminal A1 Tirtonadi Solo, Terminal A2 Soekarno Klaten dan Terminal A3 Cilacap,” ujarnya.

Djoko menambahkan, yang menjadi tantangan ke depan adalah setiap kendaraan yang masuk terminal untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) harus ada pemeriksaan yang dilakukan secara rutin, baik pemeriksaan kendaraan maupun krunya. ”Harus seperti masinis ketika kereta akan berangkat. Periksa kendaraan dan sopirnya,” kata dia.

Selain itu, terminal ke depan harus bisa dibuat senyaman mungkin. Sehingga transporasi di Semarang tidak kalah dengan yang ada di kota-kota lain. ”Ruang tunggunya ber-AC. Bisa buka 24 jam. Terminal dibuat senyaman bandara lah. Kita berharap Terminal Mangkang jangan terpuruk terus, masak Semarang kalah sama kota lain,” ujarnya.

Sedangkan Terminal Terboyo, lanjut Djoko, secara operasional Pemerintah Kota Semarang masih mempertahankannya. Namun untuk terminal ini, fungsinya tidak lagi menjadi terminal tipe A. Tidak digunakan untuk terminal penumpang, tapi untuk terminal parkir barang. ”Bukan terminal angkutan barang, kalau terminal angkutan barang sama saja nanti pusat yang  mengambil alih,” kata dia.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Tri Wibowo, mengatakan, pihaknya akan mengalihfungsikan Terminal Terboyo Semarang menjadi pangkalan parkir truk. Diakui, banjir dan rob hingga kini masih menjadi kendala yang membuat terminal ini mati suri.

”Ke depan, kami akan mengalihfungsikan Terminal Terboyo untuk pangkalan parkir truk. Ini juga sebagai upaya untuk mengatasi banyaknya truk-truk besar yang seringkali parkir di bahu jalan. Terutama di jalan nasional wilayah Semarang bagian utara,” kata Tri Wibowo. (fth/amu/aro/ce1)

Latest news

Related news