31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Dua Pelaku Rp 85 Juta Dibekuk

KENDAL—Dua orang terduga pelaku pencurian uang senilai Rp 85 juta berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Kendal. Kedua tersangka yang kini ditahan di sel tahanan Mapolres Kendal diketahui bernama Duta Supriadi, 27, warga Tambangrejo Mandet, Kecamatan Pageruyung, dan Sakban, 42, warga Banaran Kecamatan Gemawang, Temanggung.

Kapolres Kendal, AKBP Maulana Hamdan mengatakan bahwa keduanya ditangkap setelah mendengarkan keterangan korban dan saksi. Kemudian ditindaklanjuti dengan mencari keberadaan dua tersangka lalu menangkapnya.

Dalam aksinya, kedua pelaku mencuri uang dengan modus mengelabui korbannya terlebih dahulu. Awalnya, kedua pelaku berpura-pura sebagai pencari tenaga kerja untuk bekerja di sebuah perusahaan. Lantas kedua pelaku menyasar korban Yuwanes, warga Kediri, Jatim dan berpura-pura sanggup mengantarkannya mencari pekerjaan. Syaratnya korban harus menyediakan uang Rp 85 juta.

Korban kemudian diminta berangkat ke Semarang dan turun di Terminal Mangkang Semarang. Korban pada 30 Desember 2016 naik bus ke Semarang. Lalu oleh pelaku dijemput di Terminal Mangkang menggunakan mobil Toyota Avanza.

Saat sampai di SPBU Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, pelaku menghentikan mobilnya. Pelaku mengajak korban untuk turun dari mobil guna beristirahat sejenak dan buang air kecil. “Pelaku mengaku akan mengajak ke rumahnya yang di Kendal. Tetapi sesampainya di SPBU, tersangka mengajak korban istirahat untuk buang air kecil,” jelasnya.

Korban yang tidak tahu akan dicuri uangnya, masuk ke toilet tanpa berpikir uangnya akan disikat. Ternyata selesai dari tolilet mobil, pelaku beserta mobil sudah tidak ada. Tas yang berisi uang juga sudah lenyap diganti dengan kertas Rp 85 juta.

“Modus pencurian dilakukan tersangka dengan menipu korbannya untuk mencarikan pekerjaan. Tapi di tengah jalan, korban ditinggal dan uangnya dibawa kabur oleh para pelaku,” tambahnya.

Setelah mendengar keterangan korban, polisi kemudian mencari tahu keberadaan korban yang ternyata berada di Pegeruyung. Pelaku ditangkap dan mengamankan barang bukti. Yakni berupa satu buah handphone Samsung milik korban, dua HP Nokia C200, 1 buah Nokia 1035, Nokia 1200, Samsung jadul serta 1 unit mobil Avanza warna hitam sebagai sarana kejahatan berikut STNK-nya.

Atas kejahatannya tersebut, tersangka Duta dan Sakban oleh penyidik Reskrim Polres Kendal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. “Ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara,” tambah Kendal.

Sementara itu, pelaku Sakban mengaku nekat mencuri uang korban, lantaran sedang terlilit hutang. Uang hasil curian ia gunakan untuk membayar hutang-hutangnya. “Selain itu, saya beli lemari dan jalan-jalan akhir tahun bersama anak dan istri,” akunya. (bud/ida)

Latest news

Related news