31 C
Semarang
Rabu, 5 Mei 2021

Linmas Dibawah Naungan Satpol PP

DEMAK-Adanya organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru membuat beberapa bidang di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berpindah atau masuk ke SKPD lain. Ini seperti bagian perlindungan masyarakat (Linmas) yang semula gabung dengan Kesbangpolinmas, sekarang masuk di bawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Untuk mengukuhkan kewenangan Linmas itu, kemarin Kepala Kesbangpol Taufik Rifai menyerahkan sepenuhnya 30 personel inti Linmas kepada Kepala Satpol PP yang baru Bambang Saptoro. Serah terima personel, peralatan dan pendanaan (P3D) tersebut menandai bertambahnya kewenangan Satpol PP. Sebab, pembinaan juga berada di tangan Satpol PP.

Satpol PP juga diberikan membina personel Damkar (pemadam kebakaran) yang semula berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU). “Dengan bergabungnya Linmas ke Satpol PP, maka tanggung jawab pengamanan terbuka di lingkungan wilayah kabupaten berada di bawah komando Satpol PP. Sedangkan, Kesbangpol bertugas pengamanan secara tertutup,” ujar Taufik.

Selain personel inti itu, Linmas sebenarnya juga membawahi sekitar 7 ribu lebih pesonel linmas hingga tingkat desa. Kepala Satpol PP, Bambang Saptoro menyampaikan, pihaknya di Satpol PP telah menerima secara resmi penyerahan P3D Linmas tersebut dari Kantor Kesbangpol. “Kami langsung beradaptasi untuk menjalankan program Satpol PP yang ada,” katanya. (hib/ida)

Latest news

Related news