31 C
Semarang
Minggu, 16 Mei 2021

Kota Semarang Siap Gantikan Tegal

SEMARANG – Kota Semarang menyatakan kesiapan mereka untuk menyelenggarakan Porprov Jateng 2018 menyusul belum siapnya Kota Tegal menjadi tuan rumah ajang multicabang empat tahunan tersebut.

Sekretaris Umum KONI Kota Semarang Yuswo Supadmo dihubungi kemarin mengatakan, KONI Kota Semarang akan segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terkait kemungkinan pergantian tuan rumah Porprov tersebut. ”Kabar ketidaksiapan Kota Tegal sejatinya sudah lama terdengar. Hanya saja, masih menunggu kepastian dari KONI Jateng. Kami mendengar akan ditunjuknya Kota Semarang dari media. Secara teknis, menurut saya Kota Semarang siap menjadi tuan rumah Porprov 2018,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan konsolidasi internal untuk membahas hal tersebut. Diakuinya, persiapan cukup mepet karena kurang dari dua tahun. Namun, Yuswo meyakinkan jika benar-benar ditunjuk sebagai tuan rumah sangat siap. Dia akan mempersiapkan paparan saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jateng nanti jika dibutuhkan. ”Yang penting, kami harus berkomunikasi dengan Wali Kota Semarang dulu. Bagaimanapun juga kebijakan ada di tangan Pak Walikota,” sambungnya.

Seperti diketahui, kesiapan Kota Tegal menjadi tuan rumah kini diragukan. Hal itu disebabkan beberapa kendala yang terjadi dalam pemerintahan kota tersebut. Sehingga pembanguan dan renovasi venue tak berjalan padahal sisa waktu yang ada tinggal 1,5 tahun lagi.

Yuswo menuturkan akan segera menginventarisasi sarana dan prasarana olahraga di kota ini. Selain milik Pemkot Semarang, memang akan mengandalkan Gelora Jatidiri untuk venue. Venue antara lain Trilomba Juang, Stadion Citarum, dan Gelora Manunggal Jati. Selain itu, beberapa cabang digelari daerah penyangga seperti Kendal, Demak, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga.

Ketua Umum KONI Jateng Hartono beberapa waktu lalu menyatakan, akan mengkaji ulang kesiapan Kota Bahari sebagai tuan rumah. Pengkajian akan dilakukan saat RAT KONI Jateng, Februari mendatang. ”Semarang daerah paling siap untuk menggantikan Kota Tegal sebagai tuan rumah. Namun, itu baru diputuskan saat rapat tahunan. Di situ akan jelas, apakah Kota Tegal sanggup melaksanakan Porprov atau tidak. Kami tentu juga akan melihat bagaimana kesiapan daerah pengganti jika dipindah. Hal ini juga penting,” tandas Hartono. (bas/smu)

Latest news

Related news