31 C
Semarang
Selasa, 18 Mei 2021

PASI Gelar Kualifikasi Porprov

SEMARANG – Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng akan memulai rangkaian kualifikasi untuk Porprov Jateng 2018. Tahap awal, untuk nomor sprint 100, 200, dan 400 meter serta estafet di Kendal, Februari mendatang. Adapun untuk momor lempar dan lompat, pra-Porprov akan digelar pada Maret nanti.

Ketua Harian PASI Jateng Rumini mengatakan, lomba ini bersifat terbuka. Atlet tak harus turun atas nama kabupaten/kota atau klub asal. Mereka bisa mendaftar secara pribadi untuk mengikuti lomba. Selain itu, tak ada pembatasan usia dalam babak kualifikasi tersebut. Selain itu, tak ditentukan pula jumlah kuota atlet yang lolos ke ajang multicabang empat tahunan tersebut.

”Kami membuat sistem baru untuk kualifikasi nanti. Dengan tidak adanya pembatasan usia dan kuota ini, diharapkan memberi kesempatan kepada daerah meloloskan atlet sebanyak mungkin. Selama bisa menembus limit yang ditentukan, bisa tampil di Porprov Jateng. Tapi atlet yang lolos tetap tampil atas nama daerah saat Porprov,” kata Rumini.

Ditiadakannya pembatasan usia juga karena bataknya PON Remaja II Jateng 2017. Jika ada daerah yang tak meloloskan atlet, kata dia, PASI Jateng tetap memberi jatah meski sangat terbatas. Sistem ini juga untuk menggali potensi atlet atletik di Jateng mulai dari pra remaja, remaja, yunior hingga senior.

”Rangkaian kualifikasi dimulai pada Februari nanti hingga Desember 2017. Untuk tempat, akan disebar di berbagai kabupaten/kota. Misal, jika daerah tidak punya lintasan sintetis, bisa menjadi tuan rumah untuk nomor lompat dan lempar. Semua tergantung pada kesiapan daerah. Dengan sistem kualifikasi baru ini, diharapkan bisa menambah daya saing saat Porprov nanti. Muaranya dari itu semua untuk PON XX Papua 2020 mendatang. Kami menilai, dengan adanya kuota, akan mempersempit peluang daerah yang telah membina atlet,” tandasnya. (bas/smu)

Latest news

Related news