31 C
Semarang
Sabtu, 8 Mei 2021

Gugatan Ditolak, Siap Lapor ke KY

SEMARANG – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Semarang menolak gugatan 68 warga Kebonharjo, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, yang terkena dampak penggusuran oleh PT KAI.

Majelis hakim yang dipimpin oleh Sigit Purnomo memutuskan Niet Ontvankelijke Verklaard (NO). Gugatan tidak dapat diterima karena mengandung cacat formil. Gugatan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh hakim untuk diperiksa dan diadili, sehingga tidak ada objek gugatan dalam putusan untuk dieksekusi.

Kuasa hukum warga Kebonharjo, Dio Hermansyah mengaku sangat kecewa dan menyesalkan keputusan majelis hakim tersebut. Menurutnya, akibat tindakan tersebut warga Kebonharjo yang menjadi korban penggusuran tersebut terkatung-katung. ”Semuanya tidak punya tempat tinggal, sebagian ada yang tidur di musala, pos kamling, dan sebagian tinggal di rumah susun,” katanya.

Ia meminta hukum ditegakkan tidak memandang kepentingan kelompok atau golongan berduit. Rakyat kecil jangan justru dikorbankan. ”Kami menyesalkan keputusan majelis hakim tersebut,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan upaya hukum selanjutnya, yakni melakukan banding. ”Kami akan melaporkan kepada Komisi Yudisial (KY),” katanya. (amu/zal/ce1)

Latest news

Related news