31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Jumat, ASN Kerja Sampai Sore

SEMARANG – Pemprov Jateng mengubah jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika biasanya di hari Jumat jam kerja hanya sampai pukul 11.00, kini diperpanjang hingga pukul 16.00.

Sekda Jateng, Sri Puryono menjelaskan, perubahan tersebut merupakan implementasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2016 tentang hari dan jam kerja, serta penilaian kerja secara elektronik. Dijelaskan, jumlah jam kerja efektif dalam lima hari kerja, masih tetap 37 jam 30 menit. Hanya komposisinya saja yang diubah.

Sebelumnya Sekda mengeluarkan surat edaran (SE) yang ditandatangani Selasa (3/1) ini. SE tersebut menyatakan jam kerja ASN di lingkup Jateng setiap Senin-Kamis, masuk pukul 07.00-16.00. Sekarang dari pukul 07.00-15.30, dan ada jam istirahat pukul 12.00-13.00.

Pemprov Jateng mengubah jam kerja untuk ASN. Yakni mulai hari Senin sampai Kamis ada pengurangan jam pulang kerja. Sedangkan Jumat ada penambahan jam kerja. Ketentuan itu ditegaskan melalui Peraturan Gubernur nomor 51 tahun 2016 tentang hari dan jam kerja serta penilaian kerja secara elektronik. ”Biasanya, siang tidak ada jam istirahat. Tapi kenyataannya, mereka tetap istirahat untuk ibadah dan makan siang,” ucapnya, Rabu (4/1).

Puryono menjelaskan, adanya perubahan jam kerja itu untuk mewujudkan ASN yang cepat, akurat, profesional, akuntabel dan mempunyai kinerja yang lebih terukur dan prima dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menambahkan, latar belakang diubahnya jam kerja ini adalah untuk memberi pelayanan optimal kepada masyarakat. Terutama hari Jumat. Sebab, biasanya masyarakat punya waktu agak senggang hari Jumat.

”Yang langsung melayani masyarakat secara langsung ya tutupnya jangan cepat-cepat. Sebab kalau Jumat kan pagi olahraganya panjang kemudian baru sebentar sudah pulang. Berarti Jumat nggak ada layanan dong. Maka saya minta diatur ulang jadwalnya,” kata Ganjar.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini melanjutkan, sebenarnya mengenai penambahan pelayanan selama ini sudah dilakukan oleh Samsat di Jateng. Yakni Sabtu dan Minggu tetap membuka pelayanan. ”Ini agar layanan bisa lebih baik,” katanya. (amh/ric/ce1)

Latest news

Related news