31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Langka, Harga Cabai Tembus 90 ribu

PEKALONGAN-Jumlah cabai rawit atau yang akrab disebut cabai setan semakin langka. Dari hasil pantauan Jawa Pos Radar Semarang di Pasar Banjarsari, tidak semua penjual bumbu dapur memiliki jenis cabai jenis yang satu ini.

Salah seorang pedagang yang masih menjual cabai setan, Suminah menyebutkan bahwa harga per kilogramnya sudah mencapai Rp 90 ribu. Stok yang ia miliki pun tak banyak, yang terlihat hanya satu tampah (tempat anyaman dari bambu) yang tak penuh.

“Dari beberapa bulan lalu, harga cabai setan ini selalu naik, mulai dari harga Rp 40 ribu, Rp 50 ribu, Rp 70 ribu hingga sekarang mencapai Rp 90 ribu,” sebutnya, Selasa (3/1) kemarin.

Mahalnya cabai jenis ini, menurutnya karena stoknya yang langka. Bahkan, untuk mendapatkan sejumlah cabai jenis ini saja susah. Meski begitu, cabai ini masih diminati pelanggan karena dirasa paling memiliki rasa pedas dibanding jenis cabai lainnya.

Pedagang lain, Minarsih yang juga memiliki stok sedikit cabai setan ini, mengungkapkan hal serupa. Bahwa harga cabai jenis ini naik. Hingga kini dirinya menjual pada kisaran harga Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu tergantung ukuran cabai dan kualitas cabai. Sementara untuk harga cabai jenis lain, misal cabai hijau, cabai merah keriting harganya masih di kisaran Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu. (tin/ida)

Latest news

Related news