31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Mirna akan Evaluasi Pejabat Eselon II dan III

KENDAL—Bupati Kendal Mirna Annisa berjanji akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Organisasi Perangakat Daerah (OPD). Yakni atas pemberlakuan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru yang mulai dijalankan. Evaluasi berjalan tiga bulanan, jika tidak ada peningkatan kerja, maka ia akan memutasi pejabat setempat.

Demikian dikatakan orang nomor satu di Kendal itu di sela pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan, di Pemkab Kendal. Sebanyak 804 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kendal diambil sumpah dan janji jabatan yang akan ditempatkan pada SOTK yang baru.

Mirna membeber, evaluasi tiga bulanan berlaku kepada semua kantor. Terutama pada pejabat eselon II dan III yang menempati posisi sebagai kepala dinas, sekretaris dinas, maupun kepala bidang. Selain itu juga kinerja para camat seluruh Kabupaten Kendal. “Jika kinerjanya buruk, saya pastikan akan terkena evaluasi dan mutasi,” katanya, Selasa (3/1) kemarin.

Mirna akan melakukan penilaian terhadap kinerja para ASN di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satu acuan yang akan digunakan, yakni ia menggunakan aplikasi e-sakip (elektronik sistem akuntalibitas kinerja instansi pemerintah).

Dalam aplikasi tersebut nantinya akan tertuang seluruh rincian kerja dan target kerja yang harus diselesaikan oleh masing-masing OPD. Jika tidak ada peningkatan, maka akan langsung terkena mutasi. “Jadi jangan anggap mutasi ini sesuatu yang wow. Mutasi bagi saya adalah hal yang biasa dalam struktur pemerintahan untuk peningkatan kinerja dan jenjang karir,” jelasnya.

Ia mengakui dalam mutasi jabatan, tidak seluruhnya ASN di Kendal terpuaskan. Sebab, pemosisian tidak mungkin sesuai dengan keinginan semua ASN. “Puas atau tidak, itu tergantung dalam kinerja masing-masing. Apakah bisa mengukir prestasi di jabatan yang baru ini atau tidak,” tandasnya.

Asisten Pemerintahan, Agus Sumaryono mengatakan dalam aplikasi e-sakip yang sudah dibuat organisasi akan menunjukkan kontrak kerja. Disana akan di-upload kinerja dan capaian yang sudah dicapai OPD untuk nantinya menjadi bahan evaluasi bupati.

Agus memaparkan dalam mutasi jabatan di Pendopo Agung Kendal, ada sebanyak 804 ASN yang dimutasi ataupun mendapatkan promosi jabatan. Yakni terdiri dari 30 ASN pejabat eselon II, pejabat eselon III 160 ASN dan pejabat eselon IV sebanyak 614 ASN. (bud/ida)

Latest news

Related news