31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Prioritaskan Nasib GTT dan PTT

SALATIGA – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudi-Dance) memastikan akan memperjuangkan kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Keduanya ingin gaji GTT dan PTT setara dengan Upah Minimum Kota (UMK) Salatiga yang saat ini mencapai Rp 1.596.844.

”GTT dan PTT harus bisa hidup layak, sebab dengan gaji yang diterima saat ini sekitar Rp 300 ribu per bulan, tentu cukup memprihatinkan,” kata Dance saat menghadiri sosialisasi Pilwalkot di Kampung Kenteng, Tegalrejo, Kota Salatiga.

Ia mengaku, sejak masih menjabat Ketua Komisi A DPRD Salatiga, masalah pembahasan honor GTT dan PTT tersebut sudah dalam tahap penggodokan di komisinya bersama stakeholder terkait. Dalam pertemuan tersebut, ia juga sudah menyampaikan soal anggaran untuk GTT dan PTT ini diharapkan bisa tuntas. Sehingga pada 2017 bisa masuk dalam APBD.

”Harapannya, GTT dan PTT yang berjumlah 1.900 orang bisa hidup lebih layak. Kalau UMK saat ini Rp 1.596.844, maka diharapkan nantinya tidak jauh dari angka tersebut,” ungkapnya.

Jika terpilih nanti, Dance juga memastikan akan meningkatkan mutu pelayanan bidang pendidikan dasar, kesehatan, perumahan dan infrastruktur. Selain itu meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku ekonomi dengan memajukan dan membangkitkan kapasitas ekonomi masyarakat, serta meningkatkan kemandirian dan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi daerah.

”Yang jelas kami ingin menumbuhkan karakter disiplin, kemandirian, etos kerja, dan sadar tanggung jawab terhadap warga masyarakat, serta menjadikan Salatiga benar-benar Gumregah,” kata Dance.

Dia menyebutkan untuk sektor kesehatan yang akan dilakukan adalah dengan penekanan pada promotif dan preventif, bukan kuratif, termasuk peningkatan iklim usaha yang kondusif dalam rangka peningkatan kapasitas dan daya saing usaha perdagangan dan wisata. ”Peningkatan mutu dan daya saing SDM bidang pendidikan, olahraga, jasa perdagangan, dan transit wisata program ekonomi kreatif juga akan kami perhatikan sebagai bagian dari 7 program unggulan,” imbuh paslon dengan slogan Coblos Brengose ini.

Warga Salatiga, Yayuk, menilai paslon Rudi-Dance memang benar-benar bisa mendengarkan keluhan dan keinginan warga. Selain itu, bisa memberikan solusi dan memperbaiki Kota Salatiga ke depannya. ”Keduanya juga intens berkunjung ke warga, apalagi saat warga ada kesusahan. Itu dilakukan sejak belum mencalonkan diri, jadi memang sudah teruji,” ungkapnya.

Terpisah, Calon Wali Kota Salatiga, Agus Rudianto, juga memastikan pihaknya akan melakukan penguatan akses pemberian pelayanan kesehatan BPJS di Puskesmas, peningkatan infrastruktur umum yang semakin berkualitas dan terpelihara dengan baik. ”Kami ingin melakukan perubahan lebih baik yang muaranya untuk kepentingan rakyat, dan semua akan kami wujudkan saat kami terpilih nantinya,” tandasnya. (jks/aro/ce1)

Latest news

Related news