31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Hari Ini Pejabat Baru Dilantik

KENDAL—Bupati Kendal Mirna Annisa, Selasa (3/1) pagi ini dipastikan akan melantik sejumlah pejabat. Hal itu menyusul pelaksanaan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang akan mulai diberlakukan awal 2017 ini.

Pelantikan kali ini terkesan berbeda, lantaran jauh dari kesan jual beli jabatan atau pesanan, titipan, lebih-lebih nepotisme. Seperti dikatakan Budayawan Kendal, Hamaminata Niti Negara optimis dengan perubahan yang telah dijanjikan Bupati Mirna. “Sudah selayaknya memang, karena jargon yang diusung Bupati saat mencalonkan diri adalah perubahan. Maka wajar jika tidak ada jual beli jabatan atau titipan.  Sebab tidak mungkin tercipta perubahan jika masih ada praktek titipan atau jual beli jabatan,” tambahnya.

Dikatakannya, selain tidak ada jual beli jabatan maupun titipan, menurut penulis buku berjudul Babat Tanah Kendal ini mengatakan, hal lain yang harus diperhatikan bupati dalam penempatan pimpinan di SOTK baru yakni ketepatan the right man in the right place. Bupati sebagai top leader harus bisa menempatkan orang-orang sesuai keahliannya.  “Jangan asal menunjuk orang hanya memiliki kepandaian saja. Sebab di Kendal ini sudah banyak orang kendal pintar.  tapi menggunakan kepintarannya untuk minteri orang saja,” tandasnya.

Namun, Bupati sebelum menunjuk atau menempatkan orang, harus melihat rekam jejak pejabat serta kemampuannya. Sehingga perubahan yang ingin dicapai yakni perubahan dengan rakyat sejahtera dan pembangunan bisa tercapai. “Pintar memang perlu, tapi yang lebih perlu adalah orang-orang yang benar-benar mau bekerja,” paparnya.

Kepada pejabat yang besok dilantik, Hamam berharap bisa amanah dan benar-benar bisa bekerja untuk rakyatnya.  “Selain itu harus bisa mikul dhuwur mendhem jero. Ini penting agar kondisi Kendal tetap kondusif,” tambahnya.

Sementara Sekda Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan SOTK baru selain berimbas pergantian pimpian SKPD juga akan berimbas pemindahan atau rokade antar kantor instansi. “Sebab nantinya kantor akan dikelompokkan yang serumpun, agar mempermudah koordinasi,” katanya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kendal Muhamad Nashri menyatakan sikap akan mendukung pemerintahan Bupati Kendal Mirna Annisa. Meski begitu, PAN tetap akan kritis jika menemui kebijakan-kebijakan Bupati yang dinilai belum sesuai dengan kepentingan rakyat.

Sementara Bupati Kendal, Mirna Annisa mengakui jika hari ini pihaknya akan melakukan pelantikan. Perihal berapa pejabat yang akan mengalami perubahan, dirinya enggan membeber. “Harapan saya pejabat-pejabat yang akan dilantik nanti bisa benar-benar bekerja sesuai harapan masyarakat,” tuturnya. (bud/zal)

Latest news

Related news