31 C
Semarang
Kamis, 6 Mei 2021

Liburan, Trafik Data Naik 174 Persen

SEMARANG – Trafik layanan data dan internet selama liburan Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan 174 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan pergeseran pola komunikasi masyarakat akibat teknologi digital yang telah melahirkan berbagai platform digital.

Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, mengatakan, pada masa libur panjang akhir tahun paling tidak ada tiga momen yang dijalani masyarakat dan pelanggan secara berangkai. Yaitu libur semester anak sekolah, Natal dan Tahun Baru. “Biasanya, masyarakat berbagi foto, video, ucapan, dan lain-lain dengan intensitas yang lebih tinggi,”ujarnya, kemarin.

Menurut Yessie, teknologi digital telah melahirkan berbagai platform digital yang turut andil mengubah pola komunikasi masyarakat Indonesia. Dengan komunikasi digital, misalnya melalui media sosial, seseorang tidak perlu lagi harus menggunakan layanan voice atau SMS untuk berkirim ucapan atau berbagi cerita selama libur. Bahkan, semakin banyak platform media sosial dan pengirim pesan yang kini menyediakan fitur berbicara. “Perubahan pola komunikasi seperti ini dengan sendirinya juga mempengaruhi misalnya penurunan penggunaan layanan voice dan SMS,”ujarnya.

Yessie menambahkan, penggunaan jaringan XL untuk layanan internet pada Hari Natal adalah lebih dari 2.500 TB per hari. Hingga akhir tahun lalu, kapasitas jaringan yang disediakan oleh XL sejak awal tahun telah ditingkatkan hingga 3 kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik di periode tertentu. Peningkatan kapasitas menjelang Hari Natal hingga Tahun Baru, terutama dipusatkan pada titik-titik keramaian seperti lokasi-lokasi wisata dan perbelanjaan. Hingga saat ini semua layanan berjalan dengan normal hampir tidak ada kendala yang berarti.

“Jika dibandingkan trafik Hari Natal tahun sebelumnya, tahun ini sempat terjadi kenaikan trafik untuk akses Data dan internet sebesar 174 persen saat Hari Natal hingga sehari setelahnya,”ujarnya.

Hal ini, lanjut Yessie, terjadi karena banyak pelanggan yang berkirim ucapan Natal dan berbagi momen dalam bentuk foto, gambar, dan video. Kenaikan trafik dalam rangka Natal ini juga terjadi antara lain di beberapa area yang memiliki komunitas umat Kristiani cukup besar seperti di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. (dna/smu)

Latest news

Related news