31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Ban Pecah, Mobil Terjun ke Sungai

DEMAK – Mobil Toyota Rush bernopol B 1663 BYB berpenumpang 5 orang terjun ke sungai setelah salah satu bannya pecah. Kecelakaan tunggal itu terjadi di Jalan Raya Pantura Demak Km 41, tepatnya di Desa Cangkring Rembang, Kecamatan Karanganyar. Meski mobil ringsek berat dan sempat tenggelam di sungai, beruntung kecelakaan tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Lima penumpang termasuk sopirnya hanya mengalami luka-luka, dan dilarikan ke Rumah Sakit Mardirahayu, Kudus.

Kelima korban luka adalah pengemudi mobil, Haryadi, 56, warga Rawabuaya RT 9 RW 2, Cengkareng, Jakarta Barat, yang mengalami luka robek di bagian kepala; Dela Asokawati, 14, pelajar, menderita cedera kepala ringan, serta Alifia Bugesti, 6, pelajar, mengalami luka memar di tungkai sebelah kiri. Sedangkan dua korban lainnya hanya menjalani rawat jalan.

Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan melalui Kasatlantas AKP Umbar menjelaskan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi berawal ketika mobil Toyota Rush warna hitam tersebut melaju dari arah Semarang (barat) menuju Kudus (timur). Rombongan ini habis berwisata di Waduk Kedungombo, Boyolali.

Sampai di Jalan Pantura Desa Cangkring Rembang, tiba-tiba salah satu ban mobil sebelah kanan depan pecah. Seketika, pengemudi mobil, Haryadi, hilang kendali. Apalagi mobil melaju cukup kencang. Akibatnya, mobil langsung oleng ke kanan hingga melompati median jalan dan masuk ke jalur berlawanan dari arah Kudus. Beruntung, tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Namun mobil Rush tersebut sempat berguling-guling di jalan hingga menabrak pohon trembesi di tepi jalan. Setelah menabrak pohon, mobil terguling masuk sungai di tepi jalan Pantura Demak-Kudus tersebut.

Mobil nahas itu sempat mengapung dan terseret arus air hingga beberapa meter dari lokasi kejadian. Selain melukai penumpang dan pengemudi, kaca mobil pecah berantakan. Beruntung, sebelum ikut tenggelam, para penumpang berhasil diselamatkan warga setempat. Selain itu ada penumpang yang terlempar keluar saat mobil berguling-guling di jalan.

Saksi mata, Kuswanto, 46, warga RT 1 RW 5, Desa Cangkring Rembang, Demak mengatakan, kecelakaan tersebut berlangsung sangat dramatis. ”Mobil tiba-tiba terbang sekitar 3 meter  lalu menabrak pohon dan masuk sungai. Bahkan, ada di antara penumpang yang sempat terlempar keluar, termasuk barang-barang mereka. Melihat kejadian ini, warga langsung menyelamatkan penumpang yang basah kuyup di dalam mobil yang mengapung di sungai,” katanya.

Barang-barang yang diamankan warga antara lain dua handphone, bekas tiket wisata di Waduk Kedungombo, sepatu dan pakaian milik para korban.

”Jalur Cangkring dekat dengan kuburan ini memang dikenal angker dan sering menelan korban. Sudah sering terjadi kecelakaan. Namanya jalur tengkorak, sehingga warga harus berhati-hati jika lewat jalan raya Cangkring ini,” ujarnya. (hib/aro/ce1)

Latest news

Related news