Salat Dzuhur Setelah Salat Jumat

268

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Pak Kyai. Bagaimana hukum mengerjakan salat Dzuhur setelah salat Jumat? Apakah Rasulullah SAW pernah mengerjakan hal itu? Dalam situasi bagaimana? Mohon penjelasan dan dalil-dalilnya. Terima kasih

Munif, 085797255296 di Karangawen

Jawaban :

Wa’alaikumussalam warahmatullah Bapak Munif yang saya hormati. Saya sependapat dengan bapak, tidak ada salat Dzuhur bagi yang telah melaksanakan salat Jumat.

Memang, sekian riwayat menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW melaksanakan dan menganjurkan salat empat atau dua rakaat setelah salat Jumat di masjid atau di rumah, tetapi iti bukan salat Dzuhur. Itu adalah salat sunnah Ba’diyah. Boleh jadi, ada yang menduga salat itu adalah salat Dzuhur.

Kita hanya diwajibkan shalat lima kali sehari. Banyak hadits yang menyatakan demikian. Karena salat Jumat adalah salah satu shalat wajib pada hari Jum’at berdasarkan perintah Allah SWT, “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu pada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli (QS. Al-Jumu’ah [62]: 9), salat yang dilaksanakan pada waktu Dzuhur itu menggantikan (menggugurkan) kewajiban salat Dzuhur.

Memang ada orang (yang terbatas pengetahuannya) menduga bahwa perintah ayat ini untuk melaksanakan shalat Jumat adalah sunnah atau fardhu kifayah, tetapi pendapat itu sangat lemah.

Sepanjang yang saya ketahui, ulama-ulama yang diakui otoritasnya termasuk ulama-ulama keempat madzhab populer, tidak seorang pun di antara mereka yang mewajibkan shalat Dzuhur bagi yang telah melaksanakan salat Jumat. Bahkan wanita yang tidak wajib baginya shalat Jumat jika ikut melaksanakan shalat Jum’at, gugur juga kewajiban salat Dzuhurnya. Demikian jawaban dari saya, semoga ada manfaatnya dan barokah. Amin. (*)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here