asusila

Kekerasan seksual merupakan salah satu hal yang sangat mengerikan dan tidak berperikemanusiaan. Terjadinya kasus kekerasan seksual sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal. Faktor terbesarnya adalah niat dan kesempatan dari pelaku itu sendiri. Kita emang nggak bisa memprediksi hal-hal kaya gini sih ya. Tapi seenggaknya kita bisa melakukan pencegahan dan antisipasi biar kita nggak ngalami hal buruk ini.

“Kalo untuk tips biar kita terhindar dari kekerasan seksual bisa dengan menjaga diri dan selalu waspada. Waspada jika kita sedang berada di luar rumah. Jangan sampai sikap kita mengundang ‘perhatian’ orang lain yang bisa merugikan diri kita, apalagi buat para zetizen yang cewek nih. Jaga penampilan dan cara berpakaian juga, jangan terlalu minim, kita nggak tau gimana pikiran orang. Terus jangan keluar malem sendirian juga, kalo terpaksa pas di tempat umum jangan lengah ya tetap waspada dengan keadaan sekitar.” Muhammad Solekhan, M.Ht, C.I, L.Cht, M.hs, founder Hypno Training Management, therapist sekaligus psikolog ini.

Selain itu, kita juga harus tetap waspada. Jangan gampang percaya sama orang asing, apalagi orang yang baru pertama kita ketemu. Bagi kita yang gadget&sosmed addict juga harus berhati-hati ya dalam menjalin hubungan sama teman dumay. Intinya kita harus bersikap bijaksana dalam menggunakan sosmed.

Kalo soal banyaknya kasus kekerasan seksual yang dialami pada remaja kaya kasusnya Yuyun atau Eno yang saat ini marak jadi perbincangan media sosial bisa kita jadikan pembelajaran, jangan sampai kasus kayak gitu terulang lagi. Kita juga nggak boleh takut dan jadi paranoid dengan pemberitaan kayak gitu, waspada itu harus. (des/zal)

KOMENTAR :

siska-miyandini-webSiska Miyandini
17 tahun, SMK Kartini
Ngeri deh baca berita kaya gitu. Apalagi kasusnya Eno, itu kejam banget pelakunya nggak berperikemanusiaan. Karena banyak pemberitaan media tentang kekerasan seksual, aku sekarang kadang jadi paranoid sendiri. Nggak berani lagi pulang malem-malem, kadang kalo emang harus pulang malem pasti minta dijemput aja. Semoga kasusnya nggak terjadi lagi.

Bernike-webBernike A Caroline
18 tahun, SMA Tri Tunggal Semarang
Mungkin kasus kekerasan seksual itu sebenernya udah banyak terjadi kali ya dari dulu juga tapi mungkin nggak terlalu diekspose sama media kayak yang sekarang ini. kalo sekarang kan banyak media yang memberitakan tentang itu kayak berita yang lagi hits gitu sih istilahnya. Tapi biar bagaimanapun semoga korban-korban yang pernah ada mendapat tempat terbaik disisi Tuhan dan pelakunya dihukum seberat-beratnya. Biar kapok dan nggak terjadi kasus kayak gitu lagi.

randy-mukti-webRandy Mukti
19 tahun, STEKOM Semarang
Ironis sekali memang. Kasus yang kayak gini nih bisa menghancurkan negara. Apalagi menimpa remaja bahkan ada juga yang masih dibawah umur kan yang di kasusnya Eno. Kalo masalah kayak gini mendingan nggak usah dikasih ampunan aja pelakunya. Lagi-lagi, hukum di Indonesia kurang tegas dan belom spesifik buat masalah kejahatan seksual. Semoga hukum kebiri bukan Cuma wacana aja tapi segera direalisasikan aja kalo nggak mau ada korban lebih banyak lagi.