Arus lalu lintas Jalan Kaligawe macet akibat dilanda rob.
Arus lalu lintas Jalan Kaligawe macet akibat dilanda rob.

SEMARANG – Kota Semarang darurat rob. Hampir semua wilayah di Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Genuk dan Kecamatan Semarang Timur dilanda air laut pasang ini. Di wilayah RW I Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, kondisi rob sudah sangat parah. Apalagi ditambah talut sungai yang rendah, menyebabkan air rob masuk ke permukiman warga, bahkan sampai masuk ke dalam rumah warga. ”Air rob menggenangi kampung dan sudah masuk ke dalam rumah,” kata salah seorang warga, Sugiyono, kemarin.

Sugiyono mengaku, rob parah sudah terjadi sejak 4 hari lalu. Talut sungai Kemijen yang rendah, membuat air rob melimpas masuk ke permukiman warga. Kondisi tersebut diperparah oleh Sungai Kemijen yang dangkal. ”Sungai ini (Kemijen) pernah dikeruk pada tahun 2003, sampai sekarang belum pernah lagi,” keluhnya.

Setiap rob datang pagi hari, anak-anak terpaksa berangkat sekolah dengan berjalan di atas pipa PDAM yang membentang di samping jembatan. Hal itu dilakukan karena jembatan yang menghubungkan antarkampung tenggelam oleh rob. ”Terpaksa anak-anak berangkat sekolah lewat samping jembatan itu. Sebab, kalau tidak lewat jembatan, harus jalan memutar, yang tentunya semakin jauh,” paparnya.

Ironisnya, rob juga memasuki rumah pompa Sedompyong. Bahkan salah satu pompa terpaksa dihentikan, karena air rob masuk ke dalam. ”Salah satu pompa itu akan dinyalakan ketika air masuk ke kampung. Pompa hanya dipakai salah satu, karena satu pompa terkena rob,” katanya.