KAJEN-Abrasi yang menggerus bibir pantai sepanjang Pantura Kabupaten Pekalongan, membuat Pemkab setempat lebih memilih fokus pengembangan wisata di dataran tinggi. Kendati demikian, Pemkab Pekalongan tidak menutup ruang bagi para investor untuk mengembangkan wisata di Kabupaten pekalongan, termasuk wisata pantai.

“Sekarang kebanyakan pantai mengalami abrasi, sehingga sulit mengembangkannya. Makanya, pemerintah daerah lebih fokus ke dataran tinggi, seperti pengembangan wisata di Daerah Petungkriyono, Talun, Lebakbarang, Kandangserang dan sebagainya,” ujar Kasi Promosi pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwasata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, Dodi Budi Purwanto, di ruang kerjanya, kemarin.

Potensi wisata pegunungan di Kabupaten Pekalongan yang masih terus digalakkan pemerintah daerah diantaranya, wisata alam di Petungkriyono, Lebakbarang, Watuireng di Kandangserang, Curug Bidadari di Talu dan Kalipahingan di Kajen, Paninggaran dan lain-lain.

Untuk menunjang kemajuan wisata pegunungan ini, pihaknya bakal melakukan terobosan untuk memasukkan objek wisata pegunungan Kabupaten Pekalongan ke dalam paket wisata terpadu di tiga daerah, yaitu Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Dengan dimasukkan paket wisata tersebut, diharapakan, mampu mendongkrak minat para pelancong berwisata di Kabupaten Pekalongan. “Penggabungan paket wisata ini merupakan keputusan rapat bersama di Bakorwil di Purwokerto,” ungkap dia.

Kendati sejumlah objek wisata pegunungan telah dimasukkan dalam paket wisata, namun pengelolaan wisata diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis). Pemerintah, lanjut dia, sifatnya hanya sebagai fasilitator saja.

Dinporapar, kata Dodi, sekarang ini membuka ruang bagi siapapun untuk proses pengembangan wisata di Kabupaten Pekalongan. Baik itu untuk objek wisata di kawasan pegunungan maupun pantai.
Sebab sebagaiaman diketahui wilayah Kabupaten Pekalongan membentang dari utara yang merupakan wilayah pesisir hingga ke selatan daerah pegunungan Kota Santri berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara. (yan/jpnn/ida)