Salah satu contoh greenwashing adalah iklan perusahaan yang mencerminkan kepedulian lingkungan, namun green yang mereka lakukan ini tidak dapat dibuktikkan sebab tidak disertai dengan adanya informasi yang tepat untuk membuktikkan hal tersebut. Pernyataan green suatu perusahaan juga menggunakan bahasa atau slogan green yang tidak jelas. Perusahaan ini biasanya memiliki pengeluaran yang lebih besar untuk mengiklankan praktik lingkungan yang baik dibanding dengan pengeluaran untuk aktivitas CSR yang sebenarnya.

Beberapa produk yang sebenarnya tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat dipromosikan sebagai produk yang ramah lingkungan. Perilaku ini merupakan salah satu greenwashing dengan pernyataan green yang palsu. Produk dikatakan ramah lingkungan apabila konsep green business terintegrasi dalam proses produksi produk tersebut. Bahan baku produk yang ramah lingkungan, proses produksi yang tidak menghasilkan limbah beracun dan tidak mencemari lingkungan, produk yang tidak membahayakan kesehatan manusia, dan packaging yang ramah lingkungan merupakan beberapa contoh bagaimana proses suatu produk yang ramah lingkungan.

Perilaku greenwashing merupakan tindakan yang menipu masyarakat dan merusak kepercayaan konsumen terhadap kualitas suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, konsep green business harus dijalankan oleh perusahaan dengan kesungguhan hati dan sukarela demi menciptakan kepuasan bersama yaitu bagi perusahaan, lingkungan, dan masyarakat. Bagi perusahaan yang tidak melaksanakan kegiatan CSR secara tulus tidak dapat memberikan informasi yang relevan mengenai kinerja lingkungan dan sosial mereka. Ini menjadi suatu dorongan untuk melakukan greenwashing demi mempertahankan keberlanjutan bisnis suatu perusahaan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan merupakan dorongan utama bagi perusahaan untuk selalu memperhatikan lingkungan mereka dengan mengimplementasikan green business secara jujur dan benar. Perlu disadari bagaimana perilaku suatu perusahaan terhadap kinerja lingkungan mereka sehingga masyarakat tidak dirugikan oleh perilaku perusahaan yang tidak bertanggung jawab. Kenalilah perilaku perusahaan dengan baik dan utamakan perusahaan yang bersahabat dengan lingkungan. (*)