unika-web

Oleh:
Grace Pramana

KESADARAN perusahaan mengenai pentingnya tanggung jawab sosial dan lingkungan atau istilah yang lebih dikenal luas oleh masyarakat adalah Corporate Social Responsibility (CSR) terus mengalami peningkatan. Melalui aktivitas CSR perusahaan dapat mewujudkan “green business” demi mewujudkan berkelanjutan perusahaan serta aktif meningkatkan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Konsep green business identik dengan aktivitas bisnis yang ramah lingkungan seperti program penghijauan lingkungan, mengolah kembali limbah beracun, dan aktivitas lain yang tidak merusak lingkungan. Beberapa perusahaan sudah mengimplementasikan green business yang terintegrasi dengan program CSR mereka.

Akan tetapi, juga terdapat beberapa perusahaan yang masih melakukan pencemaran lingkungan, namun justru mengklaim bahwa mereka sudah menerapkan tanggung jawab lingkungan dengan baik yang disebut dengan greenwashing. Istilah yang menggambarkan tindakan perusahaan yang seolah-olah “green”, namun bertindak sebaliknya dalam aktivitas bisnis mereka. Greenwashing kerap kali dilakukan sebagai suatu strategi pemasaran untuk menciptakan nama baik perusahaan sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat termasuk para stakeholder. Masyarakat akan menilai baik suatu perusahaan melalui iklan yang menggambarkan kegiatan pelestarian lingkungan perusahaan tersebut. Tanpa disadari ternyata iklan ini jauh dari apa yang sebenarnya perusahaan lakukan.