(M. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)
(M. Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang)

SEBANYAK 98 anak didik KB-TK Siti Sulaechah 04 Semarang mengikuti field trip di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (23/1). Dalam kegiatan ini anak didik diberikan pengalaman belajar secara langsung sebagai praktik lapangan dari materi yang didapat di dalam kelas.

Di ruang utama masjid, tampak anak didik KB-TK Siti Sulaechah 04 khusyuk melantunkan lafal Asmaul Husna dengan membentuk posisi circle time dipandu oleh guru pendamping. Kepala Sekolah Fitra Yunita Spsi mengatakan acara diisi dengan pengenalan seputar masjid. Anak-anak diajak melihat dan diberi pengetahuan seputar MAJT. Mereka diajak keliling masjid, di antaranya melihat tempat wudu dan beduk besar. ”Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan dua bulan sekali. Field trip sebelumnya mengambil tempat di Taman Jamu Indonesia Nyonya Meneer,” katanya.

Salah satu staf KB-TK Siti Sulaechah 04, Muchopim menambahkan, mulai Februari pihaknya membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2016/2017. Dikatakan, kegiatan belajar mengajar dikategorikan dalam beberapa sentra. Meliputi sentra persiapan, sentra ini fokus pada kegiatan pra membaca, menulis dan berhitung. Sentra balok, sentra ini fokus pada permainan membangun dengan media terstruktur untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak.

Sentra drama, sentra ini melatih anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi sosial melalui bermain peran. Sentra sains, yang memperkenalkan anak pada sains dan eksperimen sederhana. Sentra kinestetik, sentra ini melatih motorik anak melalui olah tubuh dan kegiatan outdoor. Sentra religi, mengajarkan anak untuk memahami konsep ketuhanan tanpa indoktrinasi sehingga anak mengenal Allah dan ajaran Rasul-Nya dengan lebih bermakna melalui hafalan surat, doa, hadis, tata cara beribadah dan baca tulis Alquran. (zen/ric/ce1)