Lakukan Pemetaan Tes Urine PNS

TEGAL – Memasuki pekan kedua Januari 2016, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tegal terus melakukan pemetaan tes urine yang akan menyasar ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkot Tegal. Pasalnya, selain menargetkan semua pegawai terbebas dan bersih dari penyalahgunaan narkoba, pemetaan juga sebagai kesiapan dalam pelaksanaan tes urine secara bertahap.

Kepala BKD Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa daftar. Hanya saja, selain masih menunggu kesiapan anggaran pihaknya juga menunggu instruksi dari pejabat pembina kepegawaian (wali kota-red) untuk menyesuaikan jadwal pelaksanaan tes urine di kalangan PNS. “Untuk pelaksanaan tes urine, awal tahun ini merupakan kelanjutan dari akhir tahun 2015 yang akan dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irkar menuturkan, dalam pelaksanaan tes urine di kalangan pegawai di lingkungan Pemkot, pihaknya juga menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tegal yang berkompeten di bidang pencegahan dan penyalahgunaan narkoba. Dengan begitu, diharapkan semua pegawai yang menjadi target pemeriksaan bisa memaklumi dan memahami aturan tersebut.

Sementara itu, Kepala BNNK Tegal M. Jaka Eka Syaifi menambahkan, terkait teknis dan mekanisme pemeriksaan tes urine di kalangan pegawai Pemkot Tegal, pihaknya hanya menjalankan koordinasi dan menjalin kemitraan dengan Pemkot. Sebab, meski sebagai kepanjangan tangan BNN dan provinsi di daerah semua pelaksanaan tes urine akan menyesuaikan target serta jadwal yang ditentukan BKD.
“Yang jelas, kapan pun waktunya (tes urine-red) kami siap berkoordinasi dengan BNNP dan terjun langsung. Bahkan, kami juga sudah menyiapkan program rehabilitasi di luar P4GN,” tandasnya. (syf/jpnn/ric)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here