RENUNGAN: Sejumlah ODHA dan aktivis HIV/AIDS menyalakan lilin membentuk simbol pita melingkar sebagai bentuk penanggulangan HIV/AIDS dalam acara malam renungan AIDS di Bergas, Kabupaten Semarang. (PRISTIYONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
EKSOTIS: Jembatan bernuansa artistik yang membentang diatas Sungai Tuntang Lama dibawahnya dibangun taman untuk mempercantik sungai tersebut. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
EKSOTIS: Jembatan bernuansa artistik yang membentang diatas Sungai Tuntang Lama dibawahnya dibangun taman untuk mempercantik sungai tersebut. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

Pemkab Demak terus berupaya memoles infrastruktur perkotaan, termasuk membangun gedung perkantoran serta menata wilayah perbatasan 2016 mendatang. Penataan perbatasan difokuskan dibeberapa titik. Yaitu, daerah yang berbatasan langsung antara Kecamatan Sayung dengan Kota Semarang maupun membangun tapal batas antara Kecamatan Karanganyar dengan Kabupaten Kudus.

WAHIB PRIBADI, Demak

Kemudian, menata perbatasan Kecamatan Mijen dengan Welahan Jepara, Kecamatan Dempet dengan perbatasan Godong, Kabupaten Grobogan serta perbatasan Kecamatan Mranggen dengan Kota Semarang maupun Ungaran. Bupati Demak HM Dachirin Said mengungkapkan, tahapan pembangunan telah dilakukan. Dalam penataan kota diawali dengan menata Alun-Alun Kota Demak pada 2014 dan terus berlangsung hingga sekarang.

Ditatanya Alun Alun, membuat masyarakat luar daerah yang datang dapat melihat langsung Masjid Agung Demak. Selain itu, pembangunan dilanjutkan dengan penataan kawasan Sungai Tuntang Lama di Jalan Kiai Singkil yang membentang antara depan Kantor Kodim 0716, depan Pendopo Kabupaten hingga jembatan ujung depan Polres Lama. Bila sebelumnya telah dibangun taman belimbing, taman ditepi sungai dan jembatan, kini Pemkab mulai merampungkan pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Kiai Singkil.