PERSIAPAN RAMADAN : Pimpinan PT Indosat Tbk memberikan penjelasan mengenai program modernisasi jaringan dalam menghadapi peningkatan trafik telekomunikasi saat Ramadan dan Mudik Lebaran. (Eny Susilowati/Jawa Pos Radar Semarang)
PERSIAPAN RAMADAN : Pimpinan PT Indosat Tbk memberikan penjelasan mengenai program modernisasi jaringan dalam menghadapi peningkatan trafik telekomunikasi saat Ramadan dan Mudik Lebaran. (Eny Susilowati/Jawa Pos Radar Semarang)

TEGAL–Program modernisasi jaringan terus digeber perusahaan selular PT Indosat Tbk, dalam menghadapi peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan mudik Lebaran. Program tersebut difokuskan di berbagai kota besar kedua di pulau Jawa seperti Tegal, Pekalongan, Solo, Malang dan lainnya.

Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto mengatakan bahwa selain modernisasi jaringan, kapasitas jaringan Indosat juga ditingkatkan. Antara lain untuk kapasitas trafik suara ditingkatkan menjadi 39 juta erlang/hari, untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,28 miliar SMS/hari, dan kapasitas data ditingkatkan menjadi 2.081 terabyte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan 40.756 BTS secara nasional. ”Ramadan dan Lebaran tahun ini, kami melakukan modernisasi jaringan di kota dan jalur mudik nasional,” jelas Adrian.

Tidak hanya itu, imbuhnya, pemantauan kualitas jaringan juga memanfaatkan fasilitas baru dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) dan Command Center yang baru saja diresmikan. Customer Center juga siaga 24 jam untuk diakses pelanggan dari berbagai jalur komunikasi. “Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran, siap siaga mengatasi bila ada gangguan jaringan secara nasional,” terangnya.

Division Head Network Optimization Indosat, Joko Riswadi menambahkan, dalam kesiapan jaringan menghadapi Ramadan dan Mudik Lebaran kali ini, dilakukan uji jaringan di Kota Tegal-Pekalongan Jawa Tengah. Di jalur tersebut, prediksi akan terjadi penumpukan arus lalu lintas mobil mudik, setelah diberlakukannya operasional tol baru Cipali. “Diperkirakan trafik telekomunikasi akan melonjak di jalur yang berpotensi terjadi kemacetan mudik ini,” terang Joko.

Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktivitas dunia maya seperti browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming. Dalam drive test tersebut, menunjukkan hasil kecepatan maksimal download hingga 26,3 Mbps dengan rata-rata download 4,8 Mbps. Sedangkan kecepatan maximum upload mencapai 5,5 Mbps dengan rata-rata upload 2,8 Mbps. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan 91,2 persen area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 8,8 persen area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik. “Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik),” pungkasnya. (eny/ida)