WISUDA LULUSAN : Kepala SMAN 1 Demak Siswandi MPd memberikan penghargaan kepada para siswa berprestasi dalam wisuda lulusan kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
WISUDA LULUSAN : Kepala SMAN 1 Demak Siswandi MPd memberikan penghargaan kepada para siswa berprestasi dalam wisuda lulusan kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Sebanyak 71 lulusan SMAN 1 Demak telah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2015. Bahkan, di antaranya ada yang diterima di Universitas Indonesia (UI) Jakarta 2 orang dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta 1 orang.

Paling banyak diterima di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang 31 orang dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) 24 orang. Selebihnya, diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB) 4 orang, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto 6 orang, Universitas Negeri Jogjakarta (INJ) 2 orang, dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang 1 orang.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Demak, Siswandi MPd di sela wisuda lulusan angkatan ke-51 yang berlangsung di halaman sekolah, kemarin. Dia mengungkapkan, dengan banyaknya siswa yang diterima SNMPTN tersebut, SMAN 1 Demak tetap menjadi favorit di Demak.
Dalam ujian nasional (Unas) lalu, kata dia, 348 siswanya berhasil lulus 100 persen. Bahkan, dari nilai yang diraih para siswa dalam Unas, SMAN 1 berhasil menempati peringkat pertama tingkat Kabupaten Demak dari semua kategori pelajaran yang diujikan.

Sedangkan, tingkat Provinsi Jateng, SMAN 1 Demak berada diurutan ke-12 dari total 850 sekolah yang ikut Unas. Yang menarik, khusus untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris dan Matematika menduduki peringkat ke-4 provinsi dan peringkat ke-3 provinsi untuk Geografi.

Dalam Unas tersebut, prestasi perorangan siswa hasil nilai Unas tertinggi jurusan IPA diraih Salma Adenia Kusuma Utami dengan nilai 556,7. Bahkan, Salma juga berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Undip. Sedangkan, untuk jurusan IPS diraih M Linggar Badrul dengan nilai 521,4.

Dalam wisuda tersebut juga diumumkan lulusan yang meraih ranking atau peringkat 1 di sekolah dilihat dari nilai raport sekolah. Adapula lulusan yang sebelumnya juara karya ilmiah nasional yaitu M Abd Rahman yang kini diterima di UI Jakarta, juara lomba cipta puisi Adelia Lulu Febriyanti dan peraih medali Asean Prasetyo Swantoro. “Melihat prestasi ini dan banyaknya lulusan yang mampu menembus PTN ternama, ini membanggakan sekali. Selain itu, dapat membawa nama baik almamater serta Kabupaten Demak,” ungkap Siswandi.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Demak, Setyo Nugroho menambahkan, telah banyak alumni SMAN 1 Demak yang membawa nama harum sekolah dan daerah. Mereka telah berkiprah sesuai bidangnya masing-masing. “Karena itu, kami berharap, anak-anak yang baru lulus ini bisa menggapai cita-citanya setinggi mungkin dan jangan lupakan almamater,” jelas ketua panita wisuda ini. (hib/ida)