SALATIGA-Masih banyak angkutan umum yang tidak disiplin, sembarangan berhenti di tikungan, di bawah rambu larangan serta menaikkan dan menurunkan penumpang yang ditempat yang kurang tepat. Karena itulah, sebanyak 170 sopir angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Salatiga mendapatkan penyuluhan Keselamatan Peningkatan Penumpang oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Kota Salatiga.

“Penyuluhan dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan pengemudi dan meningkatkan keselamatan berkendara,” kata panitia penyuluhan, Moh Taksis di sela acara yang digelar di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) yang dibuka Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Kepala Dishubkombudpar, Adi Suprapto menjelaskan bahwa penyuluhan tersebut sekaligus memberikan pembekalan pengetahuan keselamatan berkendara. Sasaran penyuluhan adalah awak angkota, angkudes, angkutan barang, bus serta taxi. Beberapa materi yang disampaikan meliputi Disiplin Berlalu Lintas di Jalan oleh Satlantas; UU 33/964 dan UU 34/1964 oleh Jasa Raharja; Peraturan Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor oleh Kabid Kelaikan Dishubkombudpar; dan Perundang-undangan LLAJ oleh Kabid Lalin; serta Peraturan Tentang Angkutan.

“Guna merangsang para pengemudi untuk lebih mematuhi aturan, dilakukan evaluasi dengan mencari awak angkutan teladan (sopir teladan). Caranya dengan menyeleksi 15 orang menjadi 3 sopir terbaik. Selanjutnya 3 sopir teladan tersebut akan menadapat hadiah dan penghargaan dari Dishubkombudpar,” imbuhnya.

Sementara itu, Aiptu Gunawan, Plt Kanityasa Polres Salatiga mengaku tak ingin mencari-cari kesalahan sopir atau pengendara kendaraan motor dalam melakukan penindakan. “Tapi saya pernah menindak sopir angkot yang ngetem di depan rumah dinas wali kota. Lebih dari 3 kali diingatkan, masih saja diulangi. Akhirnya saya bawa ke pos jaga,” cerita Gunawan.

Dalam sosialisasi itu sempat diisi paparan tentang kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh Kabid PPA Bapermas Agus Wibowo. “Kekerasan terhadap anak, utamanya di angkutan umum harus diantisipasi bersama-sama,” tuturnya. (sas/ida)