DUKUNG HENDI: Pengukuhan pengurus Sahabat Hendrar Prihadi (SHP) Kecamatan Semarang Tengah tadi malam. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DUKUNG HENDI: Pengukuhan pengurus Sahabat Hendrar Prihadi (SHP) Kecamatan Semarang Tengah tadi malam. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DUKUNG HENDI: Pengukuhan pengurus Sahabat Hendrar Prihadi (SHP) Kecamatan Semarang Tengah tadi malam. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BRUMBUNGAN – Suhu politik jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang mulai memanas. Dua kandidat calon wali kota yang sudah hampir dipastikan berlaga, yakni incumbent Hendrar Prihadi dan mantan Wali Kota Semarang Soemarmo Hadi Saputro, mulai memetakan kekuatan.

Jika Soemarmo membentuk Paguyuban Warga Semarang (PWS), Hendi –sapaan akrab Hendrar Prihadi—Senin tadi malam (27/4), mengukuhkan pengurus Sahabat Hendrar Prihadi (SHP) Kecamatan Semarang Tengah, setelah sebelumnya terbentuk SHP Kecamatan Genuk.

Ratusan warga dari berbagai kalangan tokoh masyarakat pun hadir pada malam itu. Mereka kompak menyerukan ”Tetap Setia…” ketika terlontar kata SHP.

Ketua DPC PDIP Kota Semarang itu mengaku berterima kasih dengan dukungan warga Kecamatan Semarang Tengah yang telah membentuk dukungan dengan nama Sahabat Hendrar Prihadi.

Hendi mengaku, dukungan tersebut di luar rencananya. Sebab, pelaksanaan Pilwalkot masih sekitar 7-8 bulan lagi. Tepatnya pada 9 Desember mendatang.

”Dukungan ini di luar rencana saya. Tadinya saya berharap, proses politik ini biar mengalir secara pasti, tidak terburu-buru seperti sekarang. Tapi desakannya (pendukung) terlalu kuat, ya saya mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ada hal-hal bisa dijadikan wadah komunikasi antara saya dengan warga yang mendukung saya,” terang Wali Kota Semarang ini.

Hendi menyatakan, makin banyak warga yang bisa diajak komunikasi, maka makin banyak pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk pembangunan Kota Semarang. Jadi, tidak melulu bicara masalah pilwalkot. Tapi juga sebagai wadah untuk menyerap aspirasi warga terkait pembangunan di wilayah masing-masing. ”Lalu ini akan kita kawal, kemudian bagaimana merawat keputusan itu menjadi kebijakan Pemkot Semarang,” katanya.

Disinggung masalah wakil, Hendi pun menyerahkan sepenuhnya ke DPP. Meski begitu dalam waktu dekat tingkat, DPD PDIP Jateng akan membuka pendaftaran mulai 1 Mei mendatang. Pendaftaran dibuka untuk 21 kabupaten/kota lain di Jateng yang akan menggelar pilkada.

”Informasi wakil memang belum turun, tapi nanti tanggal 1 Mei DPD PDIP Jateng akan membuka pendaftaran. Mekanismenya bagaimana tanyakan pengurus DPD saja. Kita berharap pilkada di Jateng bisa dipersiapkan matang partai kita di tingkat kota, provinsi, dan pusat,” ujarnya.
Mengenai rival lain dalam pencalonan, Hendi menyatakan siapa pun itu yang berkeinginan untuk maju dalam pilwalkot harus dihormati.

”Mudah-mudahan kita dalam sebuah komitmen merawat kota tetap kondusif dan pembangunan tetap berjalan dengan baik,” tandasnya. ”Siapa pun rival kita harus dihormati. Kalau ada yang jelek-jelekkan netralisasi saja,” imbuhnya.

Ketua SHP Kota Semarang, Suwarno Widodo, menyatakan dukungan kepada Hendrar Prihadi berjalan semakin baik. Setelah mengukuhkan SHP di Genuk dan Semarang Tengah, akan dilanjutkan dengan kecamatan lain, seperti Tembalang, Gunungpati, Pedurungan, dan kecamatan lainnya.
”Dari hari ini kita tingkatkan keterbukaan dukungan kepada Pak Hendi,” tandasnya. (zal/aro/ce1)