KAJEN -Seorang pemuda, Imam Purwandi, 25, tertangkap warga saat mencuri sepeda onthel di Kelurahan Bener RT 24 RW 05, Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, kemarin. Warga Desa Meduri Gang 12 RT 05 RW 03, Kecamatan Tirto tersebut, akhirnya dijebloskan ke penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Tersangka Imam mengatakan bahwa awalnya dia tidak berniat melakukan pencurian pada Selasa (7/4) pukul 13.30. Mencuri, kata dia, tiba-tiba saja terlintas di benaknya begitu melihat sepeda onthel warna putih merek Trex terparkir di rumah warga, Indriyati, 38. “Awalnya saya membeli es di warung dekat situ (lokasi kejadian, red). Lalu saya jalan, lihat sepeda itu,” ungkapnya, Jum’at (10/4).

Mengetahui kondisi sepi, Imam bergegas mengambil sepeda senilai Rp 1,5 juta yang terparkir di teras rumah. Namun belum berhasil membawa kabur, aksi pemuda yang diketahui bekerja sebagai buruh itu diketahui tetangga korban. Yakni Sunarto, 55 dan Winarto, 22. “Saya ketahuan, diteriaki maling. Saya kabur, lalu dikejar. Ketangkap,” akunya.

Saksi, Sunarto mengatakan bahwa dirinya merasa curiga mengetahui tersangka yang berada di teras rumah tetangganya. “Kok ada orang membawa sepeda. Dia bukan orang sini,” kata dia.

Sembari berteriak, lanjut Sunarto, dirinya mengejar tersangka. Sekitar 500 meter dari lokasi kejadian tersangka akhirnya berhasil ditangkap. “Warga pada keluar, lalu kami menghubungi polisi. Dia (tersangka, red) dibawa,” imbuhnya. Untuk proses hukum selanjutnya, tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolsek Wiradesa. (hil/ida)