PELATIHAN : Siswa dan guru saat mengikuti pelatihan Batang Art Carnival, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELATIHAN : Siswa dan guru saat mengikuti pelatihan Batang Art Carnival, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PELATIHAN : Siswa dan guru saat mengikuti pelatihan Batang Art Carnival, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG-Untuk memeriahkan hari jadi Batang ke-47 lebih spektakuler, Pemkab Batang akan mengerahkan ratusan siswa dan guru. Karena itulah digelar pelatihan Batang Art Carnival tentang tata rias dan busana berbahan baku dari alam di Aula Pendopo Bupati Batang, Senin (30/3) siang kemarin. Hasilnya, tata rias dan busana dengan bahan dari alam yang dihasilkan, akan digunakan oleh 750 siswa se-Kabupaten Batang.

Puluhan siswa dan guru tersebut, semula bingung ketika diberi perintah untuk menata busana dari bahan alam. Namun setelah diberi pengarahan dan pendidikan dari Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda), Kabupaten Batang, mereka akhirnya bisa berkreasi membuat busana bernilai seni tinggi.

Anita,17, siswa SMA Negeri Batang mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan Batang Art Carnival, dirinya bisa berkreasi lebih dari kemampuan yang dimilikinya. “Sekarang jadi tahu bagaimana merangkai bahan yang sederhana, menjadi punya nilai seni setelah diterapkan pada busana. Tapi saya usul, setelah pelatihan harusnya ada lomba yang dilaksanakan saat Batang Art Carnival,” kata Anita.

Ketua Dewan Kesenian Daerah, Kabupaten Batang, Tri Bakdo, mengatakan bahwa Batang Art Carnival akan mengusung tema tentang alam. Yaitu meliputi tanah, air, udara dan api. Dari empat unsur tersebutlah, bagian kehidupan manusia yang tidak terpisahkan.
“Dari empat unsur itu, akan kita eksploitasi untuk mengekspresikan menjadi sebuah karya seni yang indah. Untuk dipertontonkan dan dinikmati oleh masyarakat sebagai media hiburan,” kata Bakdo.

Tri Bakdo juga menjelaskan bahwa Batang Art Carnival selain menampilkan seni kreatif dari putra-putri Batang, juga akan dimeriahkan dari daerah tetangga se-Eks Karsidenan Pekalongan. “Rencananya, peserta Batang Art Carnival akan diikuti oleh Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang,Tegal dan Pekalongan,” jelas Tri Bakdo.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian, Dinas Kebudayaan dan Kesenian, Kabupaten Batang, Ratna Kenconowati menandaskan bahwa kegiatan pelatihan Batang Art Carnival bertujuan untuk menunjang keberhasilan dari kegiatan Batang Art Carnival itu sendiri yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.

“Peserta Batang Art Carnival akan diikuiti oleh 750 peserta dengan rute Jalan Veteran, Alun-Alun Batang, Jalan A Yani dan finish di Kelurahan Batang,” tandas Retno. (thd/ida)