Tety Indarti. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
Tety Indarti. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
Tety Indarti. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Dukungan kepada mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk kembali memimpin Partai Demokrat (PD) terus menguat. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Wonogiri menyatakan jajarannya bulat mendukung SBY menjadi Ketua Umum dalam Kongres PD yang akan digelar bulan Mei nanti.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC PD Kabupaten Wonogiri, Tety Indarti mengatakan dukungan kepada SBY menjadi Ketua Umum sudah mengerucut di wilayahnya. ”Dukungan ke Pak SBY merupakan aspirasi dari bawah. Mulai tingkat ranting, PAC, hingga DPC. Kami sepakat Pak SBY memimpin kembali Partai Demokrat sebagai Ketua Umum,” ujar Sekretaris Komisi C DPRD Jateng ini.

Menurutnya, dukungan bulat ke SBY bukanlah tanpa alasan. Sebab belum ada yang menyamai sosok SBY di internal partai. ”Beliau ini (SBY) sudah 2 periode menjadi Presiden RI dengan diusung Demokrat. Juga sebagai pendiri partai,” ungkapnya. Selain itu, sosok SBY juga dianggap menjadi pemersatu PD. Dengan semua potensi tersebut, SBY dianggap paling pantas memimpin PD 5 tahun ke depan.

Tety menambahkan Kongres PD akan digelar minggu kedua Mei nanti di Surabaya. Dia memperkirakan SBY akan terpilih secara aklamasi. Dalam Kongres PD nanti, ada sekitar 500 suara yang akan diperebutkan. Para pemilik suara terdiri atas 450 DPC, 32 DPD yang masing-masing memiliki 2 suara untuk Ketua dan Sekretaris, serta suara dari sejumlah organisasi sayap yang disahkan DPP. Calon Ketua Umum PD bisa terpilih secara aklamasi jika mampu meraih 50 persen plus 1 suara. (ric/ce1)