Fransjaya Candra Gunawan. (TIM EKSIS SMANSA)
 Fransjaya Candra Gunawan. (TIM EKSIS SMANSA)

Fransjaya Candra Gunawan. (TIM EKSIS SMANSA)

NAMA lengkapnya Fransjaya Candra Gunawan. Namun cowok kelahiran Semarang, 24 April 1998 ini kerap disapa Frans. Penghuni kelas XI MIA 9 SMA Negeri 1 Semarang ini termasuk siswa berprestasi. Sederet piala dan piagam sudah dikoleksinya. Ia pernah mewakili Palang Merah Remaja (PMR) SMA 1 Semarang di ajang Jumbara atau Jumpa Bakti Gembira PMR tingkat Kota Semarang pada 2014. Dalam event itu, bersama tim PMR Smansa, Frans mampu memborong lima piala sekaligus. Yakni, grade A PMR tingkat kota, juara II Perawatan Kedaruratan (PK), juara II poster siaga bencana, juara II deville atau peragaan pakaian dari barang bekas, serta juara I pentas seni kebudayaan


“Dalam ajang Jumbara itu, Alhamdulillah saya juga terpilih sebagai Koordinator Forpis atau Forum Remaja Palang Merah Indonesia Kota Semarang,” katanya kepada tim Eksis Radar Semarang.

Cowok yang tinggal di Kampung Pucung RT 04 RW 01 Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan ini juga pernah menjadi Kader Kesehatan Remaja (KKR) mewakili Puskesmas Pandanaran dalam lomba “Penyuluhan Kader Kesehatan Remaja” tingkat Kota Semarang. Saat itu, ia berhasil meraih juara 1. Sehingga nantinya maju ke tingkat Provinsi Jateng.

Tak hanya itu, putra pasangan Drs Isti Gunawan
dan Rita Endang Lestari SPd ini di ajang lomba Krenova atau Kreativitas dan Inovasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Semarang juga berhasil meraih juara I kategori pelajar. Dia bersama timnya menciptakan “Jalur Demak Elektrik” atau jaket gel penurun demam anak-elektrik.”

“Atas prestasi itu, saya dan tim mewakili Kota Semarang ke tingkat Provinsi Jateng,” ujar pemegang nomor handphone 085712013421 ini bangga.

Selain Jalur Demak Elektrik, Frans pernah menciptakan Tabulat atau tempat sampah antibau dan lalat. Temuannya itu kini masih dalam proses pengembangan. “Harapannya karya tersebut bisa meraih juara lomba yang sama,” harap cowok yang pernah mewakili Kota Semarang dalam ajang Jambore Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan tingkat Jateng ini. Dalam event itu, ia berhasil membawa pulang 2 piala, yakni juara II lomba vokal grup dan juara II lomba story telling kepahlawanan. Selamat ya Frans! (bagas wiratama/aro)