Harga BBM Naik, Koreksi Harga

154

SEMARANG – Pabrikan elektronik akan segera mengoreksi harga jualnya seiring kenaikan harga BBM Subsidi yang ditetapkan pemerintah baru-baru ini. Diprediksi, kenaikan harga elektronik akan berkisar antara 10-20 persen dari harga sebelumnya.

Managing Director Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto mengatakan, saat ini masing-masing pabrikan elektronik masih dalam proses penghitungan kenaikan harga yang ideal. Apalagi, komponen kenaikan harga kali ini tak hanya dipicu oleh kenaikan BBM saja, melainkan banyak faktor lainnya.

“Kenaikan harga tak hanya melihat dari sisi kenaikan BBM saja, melainkan juga memperhitungkan kenaikan UMK, tarif listrik, dan kenaikan harga komponen elektronik,” katanya, kemarin.

Menurutnya, komponen elektronik seperti besi, baja, tembaga, plastik dan karton kini sudah mulai terasa ada peningkatannya. Begitu pula untuk biaya transportasi distribusi produk. “Perkiraan kenaikan di kisaran 10-20 persen. Nanti masing-masing pabrikan punya perhitungan sendiri,” ungkapnya.

Meski begitu, lanjutnya, kenaikan harga diprediksi baru akan mulai diterapkan di awal tahun sekaligus. Pasalnya, industri elektronik sebelumnya masih memiliki stok bahan baku dengan harga lama, sehingga hasil produksi masih berlaku dengan harga lama. “Untuk itu, bagi konsumen elektronik yang memerlukan perangkat elektronik, bisa beli sekarang sebelum harga naik. Selisih harga naik dan harga promo saat ini saja bisa terpaut 20 persen lebih murah,” jelas Andy.

Ditambahkan, Global Elektronik sendiri kini terus berupaya mempertahankan pasar di tengah kondisi perekonomian yang tengah terasa sulit. Berbagai program promo diberikan kepada konsumen dengan harga jual lama, dan diskon serta bonus menarik. “Kami bahkan akan mendatangkan Dian Sastro selaku Brand Ambassador Samsung Electronics Indonesia yang rencananya akan mengunjungi Global Elektronik Jalan Pandanaran 102 Semarang, pada Sabtu (22/11) besok. Harapan kami ini bisa ikut memacu penjualan,” imbuhnya.

Samsung Elektronik akan memberikan promo program penjualan Kamsahamnida, sekaligus turut merayakan Manajemen Superstore Global Elektronik meraih Indonesia Marketing Award 2014, Top Brand Award 2014, dan Quality Servive Award 2014. (aln/jpnn/smu)