SEMARANG – Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, juga berimbas pada bisnis perhotelan.

General Manager Hotel Horison Semarang, Ahmad Mustofa mengatakan jika saat ini belum ada imbas yang dirasakan setelah harga BBM naik beberapa waktu lalu. Namun, dirinya memastikan pasca kenaikan harga BBM akan memiliki dampak yang besar sehingga menaikkan biaya operasional hotel.

“Dampaknya jelas pasti ada, setelah BBM naik, upah buruh juga pasti naik. Tarif dasar listriknya pun naik, belum lagi harga bahan makanan yang juga dipastikan naik,” katanya kepada Radar Semarang.

Menurut dia, di penghujung tahun 2014 ini beban yang diterima olah insan perhotelan jelas semakin berat. Sehingga pihaknya memberlakukan efisiensi energi agar dana operasional bisa ditekan. Dirinya mencontohkan, efisiensi di sektor penerangan adalah penggantian lampu biasa dengan lampu jenis LED yang hemat energi. “Hampir semua ruangan kita ganti dengan lampu LED, khusus ruangan yang membutuhkan penerangan selama 24 jam seperti lobi, dapur dan public toilet,” ujarnya.

Walaupun ada kenaikan ongkos produksi, hingga akhir tahun dirinya mengaku belum akan menaikkan harga kamar dan harga makanan. “Mungkin perubahan harga di awal tahun, sementara untuk bulan ini belum ada kenaikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Marketing Communication Manager Star Hotel Semarang, Anastasya Yucke, mengatakan jika pasca kenaikan pasti akan ada efek kepada biaya operasional dan ongkos produksi hotel. “Kenaikan harga BBM pasti akan menimbulkan multiplayer efek yang akan menyebabkan harga-harga lainnya naik. Jelas ongkos produksi dan biaya operasional hotel juga membengkak,” tandasnya.

Sama halnya dengan yang dilakukan Hotel Horison, pihak Star hotel pun melakunan efesiensi energi agar operasional tidak membengkak. “Kami wajibkan semua karyawan untuk mematikan komputer ketika tidak digunakan. Pendingin udara pun juga dimatikan ketika tidak ada orang,” paparnya.

Dirinya pun mengaku belum akan menaikkan harga kamar maupun makanan di penghujung tahun ini. Rencanaya kenaikan harga akan dilakukan pada awal tahun 2015. “Rencana kenaikan harga belum ada untuk bulan ini. Promo-promo pun masih tetap kita lakukan walaupun harga-harga naik. Kenaikan harga akan kami sampaikan pada akhir tahun, dan baru diberlakukan pada awal tahun 2015,” tambahnya. (den/smu)