REJOSARI — Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) Jalan Kartini, Selasa (3/6) dikejutkan dengan kedatangan petugas Satpol PP Kota Semarang. Kedatangan mereka tidak melakukan razia tetapi melakukan sosialisasi terkait akan dibongkarnya kawasan PKL tersebut. Kedatangan petugas sempat membuat PKL lari terbirit-birit dan langsung mengemasi dagangan mereka.
Salah seorang pedagang makanan burung, Siti Azizah, 43, mengaku terkejut dengan kedatangan petugas. ”Jadi sebelumnya memang tidak ada kabar kalau petugas satpol PP mau datang,” katanya.
Biasanya, kata Siti, setiap akan ada razia, pihak pedagang mendapat kabar terlebih dulu. Tak heran jika kemarin mereka tampak ketakutan seandainya petugas menyita barang dagangan. ”Kalau barang-barang dagangan itu dibawa oleh petugas terus kami mau jualan apa,” katanya.
Kabid Tratibunmas Satpol PP Kota Semarang, Aniscetto Magno da Silva mengatakan, pihaknya memang mendatangi PKL Jalan Kartini untuk melakukan sosialisasi. ”Jadi kami sengaja untuk mengumpulkan PKL agar pada hari ini (kemarin, Red) bisa dikumpulkan di kantor terkait akan dibongkarnya PKL itu,” katanya.
”Tidak melakukan razia tetapi hanya melakukan sosialisasi saja terkait pembongkaran itu,” tambahnya. (hid/ton/ce1)