WONOSOBO—Balai Benih Ikan (BBI) Kertek yang berada di Dusun Kenjer, Desa Surengede, Kertek, hampir lima tahun mangkrak. Oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Wonosobo, sejak enam bulan lalu sudah diperbaiki. Kemarin (7/2) diresmikan sebagai pusat pembenihan ikan.
Menurut Bupati Wonosobo Kholiq Arif, setelah dilakukan revitalisasi BBI Kertek, ke depan harus dikelola secara benar. Agar mampu meningkatkan kebutuhan benih ikan di Wonosobo.
“Ini harus menjadi titik tolak bagi segenap pemangku kepenting­an. Baik Dinas Peternakan dan Per­ikanan, maupun masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani ikan untuk bersama-sama mewujudkan impian menjadikan Wonosobo sebagai sentra pembenihan ikan,” katanya, di sela peresmian BBI Kertek.
Untuk merealisasikan cita-ci­ta mulia itu, Kholiq menegaskan kepada para pengurus BBI, memperhatikan secara seksama pola pembenihan yang baik dan benar, termasuk mensterilkan air di kolam. Mengingat di atas area BBI adalah kawasan pasar yang berpotensi mengalirkan sampah dan limbah.
“Jarak satu kilometer sebelum masuk kawasan BBI, air sudah di­steril, sehingga tidak akan membahayakan kehidupan ikan,” ujarnya.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Wonosobo, Agus Subagyo mengatakan,
kini di bawah komando pelaksana tugas Kepala UPTD BBI Kertek, balai benih dengan 36 petak kolam tersebut, siap menjadi pemasok benih ikan terbesar di Wonosobo, dengan target produksi per tahun mencapai satu juta ekor. “Karena selain telah memiliki sarana dan prasarana lengkap, kawasan BBI Kertek juga didukung sumber daya air yang melimpah,” jelasnya.
Bahkan, kata Agus, dengan penuh keyakinan, lahan BBI Kertek memiliki potensi ekonomi luar biasa. Setelah dibenahi ulang (revitalisasi), BBI akan dikembangkan dengan pola menjalin kerja sama dengan kelompok tani ikan dan unit pembenihan rakyat (UPR) yang ada di sekitar Kertek. “Dengan jalinan kerja sama itu kami yakin, akan dapat menghasilkan bibit ikan yang berkualitas di atas rata-rata, namun harganya tetap terjangkau petani,” tuturnya.
Agus bahkan siap menyediakan benih ikan dengan harga di bawah pasar, demi memenuhi kebutuhan pembudidaya ikan di seluruh Wonosobo.
Obsesi ke depan, BBI Kertek bahkan diproyeksikan untuk dapat memenuhi kebutuhan benih bagi daerah di luar Wonosobo, seperti Temanggung, Purworejo, hingga Banjarnegara dan Banyumas. (ali/lis)