JawaPos.com – Video tentang wahana permainan yang super-duper ekstrem marak beredar di media sosial (medsos) beberapa hari terakhir. Tampak di video tersebut, sekitar 40 orang dalam formasi melingkar dibawa ke ketinggian tower yang bisa memanjang dua kali lipat. Sebelum sampai ke puncak, mereka dilempar ke bawah dengan menggunakan ayunan tali. Selanjutnya, mereka ditarik kembali ke formasi melingkar di puncak tower.

Pada bagian terakhir, 40 orang dengan formasi melingkar itu dijatuhkan ke dasar tower dengan kecepatan tinggi. Teriakan histeris terdengar dan tower pun memendek kembali. Sang pembuat pesan memberikan keterangan bahwa wahana permainan itu bernama Gyro Drop di Lotte World, Korea Selatan.

Jawa Pos menemukan video tersebut di-posting pengelola fan page Facebook Travelling (fb.com/travelling365/) pada 14 Juni 2019. Hingga kemarin (17/6), posting-an itu dibagikan ulang 628 kali. Seandainya benar-benar ada wahana tersebut, entah siapa yang mau mencobanya.

Sebenarnya sudah banyak ulasan tentang video tersebut di channel YouTube. Rata-rata menyebut bahwa adegan di dalamnya sudah diedit. Video asli tentang Gyro Drop di Lotte World juga diunggah sebagai pembanding. Tidak ada tower yang bisa memanjang. Tidak ada pula aksi melempar pengguna wahana tersebut dengan tali seperti bungee jumping.

Dalam situs resmi adventure.lotteworld.com dijelaskan, Gyro Drop seperti memiliki sensasi menyelam, tetapi dari ketinggian yang hampir menyentuh langit. Tidak ada penjelasan tentang melepas orang-orang dengan menggunakan ayunan tali dan memutarnya. Anda dapat melihat situs tersebut di bit.ly/LotteWorldKorsel.

Situs pencari fakta snopes.com mengulas kabar hoax tersebut dengan lebih detail. Ulasan yang terbit pada 14 Juni 2019 itu mengungkapkan bahwa Gyro Drop di Lotte World akan membawa 40 penumpang ke ketinggian sekitar 70 meter. Selanjutnya, para penumpang dijatuhkan ke bawah dengan kecepatan 100 kilometer per jam dalam posisi duduk melingkar dan dilengkapi pengamanan ketat.

Kondisi itu jelas berbeda dengan video yang disebar fan page Travelling. Menurut Snopes, video yang telah diedit tersebut mengingatkan pada sebuah film pendek yang memperlihatkan perkembangan taman hiburan ekstrem. Film berjudul The Centrifuge Brain Project itu dibuat Till Nowak pada 2012. Saat itu Till Nowak menggunakan campuran rekaman aksi langsung dan animasi digital untuk membuat serangkaian wahana sensasi yang tidak pernah ada. Anda dapat membaca ulasan tersebut di bit.ly/WahanaOlahDigital.

FAKTA

Video wahana permainan Gyro Drop yang melepas orang-orang di ketinggian secara bersamaan dengan ayunan tali adalah hoax. Wahana dalam video itu sudah melalui proses olah digital.