JawaPos.com – Portugal mengukir rekor sebagai tim pertama yang meraih gelar juara UEFA Nations League. Tim asuhan Fernando Santos itu memastikannya usai mengalahkan Belanda dalam laga final yang digelar di Stadion Do Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB. Portugal menang 1-0 lewat gol Goncalo Guedes pada menit 60.

Seperti diketahui, UEFA Nations League 2018-2019 merupakan edisi pertama. Gelaran ini digulirkan dengan maksud menambah sisi kompetitif negara-negara Eropa karena sistemnya dibagi grup berdasarkan koefisien dan ada sistem degradasi-promosi.

Sesuai regulasi, tim-tim yang memperebutkan gelar juara adalah yang berkiprah di League A atau Nations League A. Dalam formatnya, League A terdiri dari 4 grup yang masing-masing terdapat tiga negara. Negara-negara di dalamnya merupakan yang memiliki koefisien lebih tinggi dibanding negara-negara yang tergabung di League B dan di bawahnya lagi.

Portugal melaju ke final usai menyingkirkan Swiss di semifinal dengan skor 3-1. Sementara itu, Belanda mengalahkan Inggris dengan skor sama 3-1, namun lewat babak perpanjangan waktu.

Tampil di depan publik sendiri, Portugal tampil dengan kekuatan terbaik. Fernando Santos menurunkan Cristiano Ronaldo yang ditopang Goncalo Guedes dan Bernardo Silva. Seleccao das Quinas mampu mendominasi jalannya laga dengan lebih banyak melepaskan tembakan. Namun, hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Dalam laga, Ronaldo berhasil dimatikan atau dibatasi ruang geraknya oleh duet bek yang tengah dalam performa terbaik, Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt. Beberapa kali Ronaldo kerepotan untuk melepaskan diri dari pengawalan keduanya.

Pada babak kedua, Portugal terus berupaya untuk menggedor pertahanan kokoh Belanda. Sementara, De Oranje – julukan Timnas Belanda, yang ditukangi Ronald Koeman, tak ketinggalan memberikan tekanan ke jantung pertahanan Portugal yang dikawal Jose Fonte.

Ronaldo memang bisa dibilang tak berkutik. Namun, itu menjadi keuntungan bagi pemain lain untuk membahayakan pertahanan Belanda. Benar, saat Ronaldo mati kutu, Goncalo Guedes keluar sebagai pahlawan. Winger yang bermain bersama Valencia itu berhasil membobol gawang Belanda pada menit 60 usai memanfaatkan umpan Bernardo Silva. Portugal memimpin 1-0.

Ternyata itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut. Portugal menang 1-0 dan menjuarai UEFA Nations League edisi perdana. Ini menjadi gelar internasional kedua bagi Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal, di turnamen mayor. Sebelumnya, Portugal juara Euro 2016.

Kemenangan atas Belanda juga menegaskan dominasi Portugal di ajang resmi. Setiap Portugal bersua Belanda di turnamen resmi, Portugal selalu bisa mengatasi perlawanan Belanda. Di ajang Euro, Portugal mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal 2004. Kemudian menang 2-1 di fase grup Euro 2012.

Pada babak 16 besar Piala Dunia 2016, Portugal menang 1-0 atas Belada. Kini, Portugal menang 1-0 atas Belanda di final UEFA Nations League 2018-2019.

Hasil di turnamen resmi berbanding terbalik saat bertemu dalam laga persahabatan. Sejak 1999, Portugal tak pernah menang atas Belanda dalam status pertandingan persahabatan. Bahkan, terakhir pada 2018 lalu, Portugal kalah 0-3. Namun, berbeda dengan turnamen resmi, Portugal selalu dominan atas Belanda.

Portugal 1-0 Belanda
(Goncalo Guedes 60)

SUSUNAN PEMAIN
Portugal: Patricio; Semedo, Fonte, Rúben Dias, Guerreiro; Danilo, William Carvalho (Neves 90), Bruno Fernandes (Moutinho 81); Bernardo Silva, Ronaldo, Guedes (Rafa Silva 75)
Pelatih: Fernando Santos

Belanda: Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind; Wijnaldum, De Jong, De Roon (Luuk de Jong 81); Bergwijn (van De Beek 60), Depay, Babel (Promes 46)
Pelatih: Ronald Koeman