Suasana peringatan hari lahirnya Pancasila, dihalaman Balkesmas wilayah Ambarawa, Jl Dr Cipto, Ambarawa, kabupaten Semarang. (sls/radarsemarang.com)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Memperingati hari lahir Pancasila, yang jatuh 1 Juni, jajaran pimpinan dan staf Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa, sabtu pagi (1/6/19), menggelar upacara hari lahir Pancasila, di halaman kantor Balkesmas wilayah Ambarawa, Jl Dokter Cipto, Ambarawa, kabupaten Semarang. Dalam amanatnya, Kepala Balkesmas wilayah Ambarawa, Dokter Sigit Armunanto mengatakan mengajak seluruh jajarannya, agar terus teguh dan komitmen untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila,hidup saling toleran, hidup rukun, gotong royong.

“Pancasila harus tetap menjadi falsafah dan ideologi bangsa yang tak bisa digantikan ideologi lain, karena itu mari kita teguhkan komitmen dalam mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila” tegas Sigit Armunanto.

Kepala Balkesmas wilayah Ambarawa itu juga mengingatkan seluruh jajarannya, untuk komitmen dalam meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa yang melahirkan Pancasila.

“Di tengah kondisi bangsa saat ini, Pancasila sudah membuktikan mampu menjadi pemersatu bangsa, karenanya seluruh jajaran Balkesmas Ambarawa senantiasa saya ingatkan, untuk melanjutkan perjuangan pendiri bangsa, salah satunya menjaga persatuan dan kesatuan,” tandas Kepala Balkesmas wilayah Ambarawa itu.

Di tengah pusaran jaman dan kondisi bangsa sekarang ini, sudah selayaknya dan sepatutnya kita kembali merenung tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila itu diejawantahkan dalam ranah kehidupan masing-masing dan tentunya juga dalam kehidupan berbangsa.

Karena dengan begitu Pancasila tidak lagi dihadirkan dalam “ruang hampa”, tetapi dihadirkan dalam ‘ruang hidup’ yakni berupa nilai hidup(life value) dlm keseharian kita shg mjd pembentuk karakter kita sbg bangsa.selamat memperingati lahirnya Pancasila 1 juni.

Sementara itu,pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila di halaman kantor Balkesmas sendiri, berjalan penuh khidmat. Sejumlah karyawan yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam tugas mereka adalah memberikan pelayanan kesehatan dengan penuh rasa tanggung jawab, tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan. (sls/ap)