FX Harminanto/krjogja
FX Harminanto/krjogja

Malioboro sejak lama sudah menjadi ikon kota Jogja. Banyak yang mengira bahwa Malioboro adalah nama kawasan. Padahal sebenarnya Malioboro adalah nama sebuah jalan. Dari masa penjajahan, Belanda telah menjadikan Malioboro sebagai pusat kota Jogja. Ini terbukti dengan berdirinya Benteng Vredeburg dan The Dutch Club, serta rumah Gubernur Belanda di Jalan Malioboro.

Malioboro kini pun berubah menjadi atraksi wisata terbesar di Jogja. Sepanjang hari banyak orang hilir mudik dengan bermacam aktivitas di Malioboro. Warga lokal & pelancong bercampur jadi satu di keramaian Malioboro.

Katanya belum ke Jogja kalau belum mampir ke Malioboro. Ini yang menjadikan setiap pelancong yang datang ke Jogja menyempatkan diri untuk datang ke sini. Berada di tengah kota, Malioboro sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai kendaraan. Misalnya, jika berangkat dari Jakarta ingin liburan ke Jogja. Tinggal beli tiket murah Gambir ke Jogja, lalu berangkat dan sampai di Stasiun Tugu. Sesampainya di stasiun bisa langsung melenggang ke Malioboro, karena memang jaraknya sangat dekat.

Lantas, aktivitas seru apa saja yang sering dilakukan kala mengunjungi Malioboro? Ayo kita simak!

Sudah ramai sejak pagi

Banyak hotel dan penginapan di seputaran Malioboro membuat banyak wisatawan mengawali harinya di jalan ini. Sejak pagi sudah banyak terlihat orang-orang jogging sembari menghirup udara pagi Yogyakarta.

Tak jarang, baik warga lokal maupun pendatang, menghabiskan pagi dengan berburu sarapan nikmat khas Kota Gudeg di sini. Banyak pedagang yang sudah menjajakan dagangannya dari subuh. Menghabiskan sarapan sambil bertemu orang-orang baru memberikan sensasi berbeda untuk memulai hari.

Surga belanja di siang hari

Jika ingin membeli oleh-oleh dari Jogja, Malioboro adalah tempat yang paling tepat. Mulai dari makanan ringan hingga cinderamata hasil kerajinan tangan ada disini. Jangan lupa untuk menawar harga ketika berbelanja agar dapat harga miring.

Selain berbelanja, sempatkan diri untuk mengabadikan keindahan Malioboro. Banyak spot menarik di Malioboro yang pastinya layak untuk diunggah di laman media sosial.

Pesona malam hari yang menggoda

Dari petang hingga malam hari mungkin adalah saat yang paling ramai di Malioboro. Pengunjung berdatangan untuk berwisata kuliner atau sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan orang berlalu-lalang. Tak jarang para wisatawan atau penumpang kereta api menyempatkan diri ke Malioboro sebelum pulang kembali ke kota asalnya.

Pada malam hari di Malioboro sering diadakan pertunjukan seni, mulai dari kesenian khas Jawa hingga penampilan musisi-musisi lokal yang membuat suasana nongkrong makin asyik, yang pastinya beban rasa bosan.

Memang wisata Jogja tak hanya Malioboro saja. Jogja masih memiliki segudang pesona wisata lain tentunya. Namun, jika ada kesempatan untuk ke Malioboro, mengapa tidak? Ayo siapkan dirimu, mari kunjungi Jogja! (web/ap)