JawaPos.com – Bali United dihadapkan pada laga berat saat menjamu Persija Jakarta pada leg pertama babak perempat final Piala Indonesia 2018-2019, Jumat (26/4) sore WIB. Maklum saja, Persija tengah dalam kondisi ‘marah’ usai mengalami kekalahan dari Ceres-Negros pada lanjutan AFC Cup 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Berdasar itu, meski bermain di kandang sendiri, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Serdadu Tridatu tak akan mudah menjinakkan Macan Kemayoran. Bahkan, tim asuhan Stefano Cugurra Teco harus mewaspadai luapan amarah dari Ismed Sofyan cs.

Kekalahan dari Ceres menjadi hasil minor ketiga secara beruntun bagi Persija. Sebelumnya Persija juga kalah saat tandang ke markas Ceres. Dan, Macan Kemayoran kalah dari Kalteng Putra lewat adu penalti pada perempat final Piala Presiden 2019.

Ismed memastikan kekalahan dari Ceres tidak akan berpengaruh ke mental para pemain. Dia justru menargetkan untuk menebus kekalahan dari Ceres sebagai motivasi timnya untuk bisa merebut poin penuh. Sekaligus untuk dijadikan modal menjalani leg kedua di kandang sendiri.

“Kami harus melupakan kekalahan dari Ceres. Saya pikir ajang AFC Cup dan Piala Indonesia sedikit berbeda jadi tidak ada pengaruhnya di pertandingan nanti. Teman-teman bisa fokus serta konsentrasi untuk bisa dapat poin di Bali,” ungkap Ismed.

Ismed mengaku optimistis Persija dapat meraih poin penuh di Bali. Namun dia juga meminta rekan-rekannya tidak meremehkan kekuatan Serdadu Tridatu. Dia menekankan para pemain bisa fokus, konsentrasi, dan punya motivasi tinggi supaya bisa mendapat hasil maksimal.

Sementara itu, kubu Bali United sudah siap meladeni amarah Persija. Teco yang notabene merupakan mantan pelatih Persija mengaku tak gentar dengan tim yang kini diasuh Ivan Kolev. Dia sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari Macan Kemayoran meski beberapa pemain sudah berganti.

“Setiap pertandingan yang harus diperhatikan adalah karakteristik permainan dan tipikal pemain lawan. Persija adalah tim bagus dengan materi pemain berkualitas. Tapi, saat di lapangan, pasti akan terlihat kekurangan mereka dan kesempatan itulah yang harus kami manfaatkan,” beber Teco.

Teco pun menaruh hormat terhadap Persija. Meski pada musim lalu berhasil membawa Persija menjuarai Piala Presiden dan Liga 1, kali ini dia melupakan semua kenangan manisnya. Dia bertekad membawa Bali United mengalahkan Persija.

“Saya bekerja selama dua tahun di Persija dan tentu sudah mengenal dekat dengan manajemen dan seluruh official serta suporter Persija. Saya harus tetap respek kepada mereka. Tapi saat ini saya sudah di Bali United dan pastinya saya akan memberikan seratus persen untuk tim ini,” imbuh Teco.

Rekor Pertemuan
02/12/18 Bali United 1-2 Persija
17/07/18 Persija 0-2 Bali United
17/02/18 Persija 3-0 Bali United
29/01/18 Bali United 3-2 Persija
15/09/17 Bali United 2-1 Persija

5 Laga Terakhir Bali United
14/03/19 Bhayangkara FC 4-1 Bali United
11/03/19 Semen Padang 1-2 Bali United
03/03/19 Bali United 3-0 Mitra Kukar
22/02/19 Bali United 2-0 Persela
18/02/19 Persela 0-1 Bali United

5 Laga Terakhir Persija
23/04/19 Persija 2-3 Ceres Negros
03/04/19 Ceres Negros 1-0 Persija
28/03/19 Persija 1-1 Kalteng Putra
15/03/19 PSS 0-2 Persija
12/03/19 Shan United 1-3 Persija

Perkiraan Susunan Pemain
Bali United: Wawan Hendrawan, Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Michael Orah, Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio, Melvin Platje, Yabes Roni, Irfan Bachdim
Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, Steven Paulle, Maman Abdurahman, Dany Saputra; Ramdani Lestaluhu, Heri Susanto, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Bambang Pamungkas, Bruno Matos
Pelatih: Ivan Kolev

Prediksi JawaPos.com
Bali United Menang: 30%
Persija Menang: 30%
Imbang: 40%

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan