JawaPos.com – Akhir pekan ini Persebaya Surabaya akan menjalani pemusatan latihan alias training center (TC) di Bali. Itu akan berlangsung hingga 4 Mei mendatang. Dan, di antara seluruh skuad Green Force, hanya gelandang asal Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov yang absen karena cedera. ”Dia masih belum boleh melakukan latihan, makanya kami tinggal,” ujar pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

Sementara itu, Hansamu Yama yang mengalami cedera ringan dan Amide Balde yang baru tiba di Indonesia hari ini juga diboyong ke Bali. Pelatih yang disapa Djanur itu menjelaskan, TC dilakukan bukan hanya untuk peningkatan kondisi pemain, melainkan lebih kepada membangun chemistry antarpemain.

”Saya ingin melakukan team building dan memupuk kebersamaan. Jadi, nggak asal pindah latihan atau rekreasi,” kata pelatih 60 tahun itu.

Ada dua opsi lokasi TC, yakni Jogjakarta dan Bali, tapi pilihan kedua yang diambil. Alasannya, Bali lebih pas untuk mengumpulkan semua pemain dalam kondisi yang lebih relaks. ”Nah, di situ kami akan mempupuk kebersamaan pemain,” tuturnya.

Rencananya, selama TC, Persebaya juga akan menjalani uji tanding. Hanya, belum dipastikan klub mana yang jadi lawan. ”Yang jelas bukan Bali United,” katanya.

Mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu menegaskan bahwa ada aturan agar para pemain dilarang keluyuran selama di Bali. Sebab, latihan dilakukan pagi dan sore. Apalagi, Bali memang dikenal memiliki banyak tempat wisata dan hiburan malam.

”Kami akan kontrol semua agar pemain tidak pergi-pergi. Jangan mentang-mentang di Bali anak-anak bisa main sesukanya,” kata pelatih asal Majalengka itu.

Green Force sudah mulai memanasi mesin. Mereka melakukan laga uji coba melawan tim internal, Anak Bangsa, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin sore. Hasilnya, mereka menang 10-1. Osvaldo Haay yang diaulat sebagai striker mampu mencetak empat gol. Hal itu membuat posisi Balde di lini depan terancam. ”Saya pikir dia (Osvaldo) memiliki mobilitas yang tinggi, punya skill dan cukup menjanjikan dalam posisi tersebut,” tutur Djanur.

Pada musim lalu, Osvaldo beberapa kali dipercaya mengisi posisi ujung tombak ketika David da Silva sebagai striker utama absen. Dengan situasi seperti itu, meski aslinya berposisi sebagai winger, Osvaldo juga layak dijadikan pelapis utama atau rotasi bagi Balde.