JawaPos.com – Keberuntungan masih menaungi Houston Rockets. Saat performa bintang andalan James Harden tengah memburuk, Rockets masih mampu meraih kemenangan ketiga atas Utah Jazz. Dewi Fortuna masih enggan meninggalkan Rockets.

Pada game ketiga ronde pertama playoff di Vivint Smart Home Arena kemarin, Donovan Mitchell dkk takluk untuk kali ketiga berturut-turut dari Rockets. Jazz bertekuk lutut 101-104. Membuat mereka kini tertinggal 0-3 dalam sistem best of seven.

Menariknya, kemenangan Rockets diraih saat Harden tengah tampil buruk. Tapi kondisi ini tidak mampu dimanfaatkan dengan maksimal oleh skuad Jazz. Padahal, di tiga kuarter pertama tembakan MVP NBA 2018 tersebut amburadul. Harden tak membuat satupun angka dengan percobaan tembakan mencapai 0-14.

Total Harden memang masih mampu mencetak 22 poin. Terbanyak dibanding pemain Rockets lain. Sebanyak 14 dari 22 poin dia cetak di momen krusial yakni kuarter keempat. Tapi, secara keseluruhan, field goal pemain berewok itu tetap buruk yakni 3-20.

Tembakan tiga angkanya juga tidak maksimal dengan hanya 3-12. Harden tertolong oleh free throw yang mencapai 14-16. “Tidak ada yang berubah. Saya terus menembak dan berusaha agresif. Itu tugas saya di dalam lapangan,” ucap Harden dilansir Associated Press.

Jazz juga gagal memanfaatkan dukungan maksimal dari penonton mereka. Fans Utah Jazz memang terkenal beraliran ‘Ultras’ alias ultra sound. Mereka sangat berisik. Suara fans Jazz makin menggelegar karena atap Vivint Smart Home Arena terbuat dari logam. Kuping rasanya pekak mendengar teriakan mereka sepanjang laga. Sayang hal tersebut tak mampu memberi hasil maksimal bagi tuan rumah.

Harapan Jazz yang tertumpu kepada Mitchell pun gagal total. Shooting guard 22 tahun itu memang tampil maksimal dengan donasi 34 angka. Tapi masalahnya, performa Mitchell tidak dibarengi penampilan meyakinkan rekan-rekannya yang lain.

Hanya Rudy Gobert, Ricky Rubio, dan Derrick Favors skuad Jazz lain yang mencetak double digit. Itupun Gobert dan Rubio masing-masing hanya 10 angka. Sementara Favors 13 poin. “Saya juga terlalu banyak membuang-buang bola,” ucap Mitchell.

Rubio yang diharap jadi pemecah kebuntuan malah lima kali membuat turn over tidak penting. Dia terlalu fokus bermain cantik namun mudah membuat kesalahan sendiri. Itu terjadi saat dia mengoper bola dengan teknik no-look pass. Sekali bounce pass yang dia lakukan di tengah laga juga dengan mudah diintersep Chris Paul.

Game keempat masih akan berlangsung di Vivint Smart Home Arena, Selasa (23/4) besok. Jika kembali takluk Jazz dipastikan angkat koper dari playoff musim ini.

Hasil Playoff NBA, Minggu (21/4)
Sixers 112-108 Nets
(Sixers sementara unggul 3-1)

Nuggets 117-103 Spurs
(Kedudukan sementara imbang 2-2)

Bucks 119-103 Pistons
(Bucks sementara unggul 3-0)

Rockets 104-101 Jazz
(Rockets sementara unggul 3-0)