JawaPos.com – Dua tahun lalu, Thailand berhasil membuat kejutan di Piala Sudirman 2017. Berstatus sebagai tim yang kurang diunggulkan meski memiliki Ratchanok Intanon dalam tim mereka, Negeri Gajah Putih sukses membuat pecinta bulu tangkis terkejut setelah mereka menyabet tiket semifinal.

Meski akhirnya harus puas dengan medali perunggu, namun pencapaian mereka mendapat pujian. Tahun ini di Piala Sudirman 2019, Ratchanok percaya mereka masih bisa melaju hingga babak empat besar.

Di atas kertas, harus diakui bahwa Thailand memang bukan tim favorit juara. Meski memiliki Ratchanok yang notabene merupakan pemain tunggal putri elit dunia, sektor lainnya bisa dibilang belum bisa tampil stabil di level atas. Di antara lima sektor yang ada, sektor tunggal putra Thailand boleh disebut sebagai sektor paling lemah.

Tiga pemain tunggal putra terbaik Thailand, yakni Kantaphon Wangcharoen, Suppanyu Avihingsanon, dan Khosit Phetpradab memang belum sanggup unjuk gigi di tengah persaingan ketat level atas. Meski pernah beberapa kali membuat kejutan, secara keseluruhan kualitas mereka belum berada di level yang sama dengan Kento Momota (Jepang), Shi Yuqi (Tiongkok), Viktor Axelsen (Denmark), dan para pemain top 10 dunia yang lainnya.

Ratchanok pun sadar akan hal tersebut. “Pemain putra kami saat ini memang banyak yang masih muda. Pengalaman mereka belum sebanyak pemain Jepang maupun Tiongkok. Mereka memang harus terus meningkatkan level permainan mereka,” ujar Ratchanok seperti dikutip dari situs resmi BWF.

Meski demikian, Ratchanok tetap yakin Thailand bisa berbicara banyak di Piala Sudirman 2019 nanti. Ia menyebutkan bahwa Thailand ada tim yang kuat tiap kali harus berurusan di turnamen beregu. Hal ini memang terbukti saat Ratchanok dan tim Uber Thailand berhasil meraih medali perak tahun lalu setelah kandas di tangan Jepang di partai final dengan skor 0-3.

“Semangat kami memang jauh lebih bagus setiap kali menjalani pertandingan beregu. Kami berharap tahun ini kami bisa lebih baik dari Piala Sudirman 2017. Paling tidak, kami bisa masuk semifinal lagi. Tapi saya tidak mau memberikan tekanan kepada tim saya. Saya yakin mereka akan berjuang dengan keras dengan sendirinya nanti,” ujar Ratchanok.