JawaPos.com – Persebaya Surabaya baru saja menerima kunjungan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator kompetisi sepak bola profesional Indonesia itu tengah melakukan verifikasi terhadap stadion yang dipakai klub-klub jelang bergulirnya Liga 1 2019.

Dalam kunjungannya ini, PT LIB mengecek kesiapan markas Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Mereka melihat sejumlah aspek mulai dari lapangan hingga fasilitas penunjang lainnya.

“Tadi kita kedatangan perwakilan dari operator, LIB untuk melakukan verifikasi stadion jelang kompetisi musim 2019. Hal ini rutin menjadi kegiatan operator untuk melihat kesiapan tim peserta terutama kelayakan stadion,” ungkap Ram Surahman, Sekretaris Persebaya.

“Banyak yang mereka lihat dan cek. Seperti tribun, fasilitas locker room pemain dan wasit, lapangan pertandingan, lampu stadion, serta lainnya. Yang jelas, Persebaya dalam posisi siap dan insya Allah tidak ada masalah,” jelasnya dalam rilis klub.

Hasil verifikasi ini baru bisa dilihat pada pekan depan. Untuk sementara, kendala beberapa tim ada di bagian lampu stadion yang belum menyesuaikan standar AFC yakni 1.200 LUX.

“Intinya kami cek keseluruhan. Tetapi yang paling penting adalah lapangan, locker room, dan lampu. Minimalnya 800 LUX. Jadi kami mau cek ulang, karena terkadang setiap tahun ada perubahan lantaran kualitas lampunya,” jelas perwakilan verifikasi PT LIB, Zumi Zovtan.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Reporter : Muhammad Syafaruddin