JawaPos.com – Sejak diumumkan sebagai rekrutan anyar, Achmad Jufriyanto baru menjalani latihan perdana bersama Persib Bandung pada Jumat (19/4) kemarin. Itu pun melakukan latihan terpisah karena kondisi kebugarannya belum maksimal.

Jupe-sapaan akrabnya-melakukan latihan terpisah dari para pemain Persib di lapangan Saraga ITB, Jumat (19/4). Dia berlatih di bawah pengawasan langsung pelatih fisik Yaya Sunarya.

Usut punya usut, program tersebut harus dijalani Jupe karena kondisinya belum sepenuhnya fit usai mendapat cedera engkel saat masih berkostum Kuala Lumpur FA. Karena itu Jupe mendapat program khusus untuk memperkuat otot di bagian engkel.

“Dia (Jupe) beberapa bulan yang lalu mengalami cedera, sudah dilakukan pemeriksaan oleh beberapa dokter dan cederanya bukan cedera berat. Tadi latihan terpisah karena ada program penguatan otot di bagian engkel serta peningkatan kondisi fisik,” jelas dokter tim Persib, Rafi Ghani, di laman resmi klub.

Pelatih Miljan Radovic juga menyebut kondisi fisik Jupe masih harus ditingkatkan. Setidaknya butuh waktu 20 hari agar dia benar-benar sudah siap untuk bertanding kembali.

“Jupe belum 100 persen. Jauh dari 100 persen. Tapi kami punya plan untuk dia. Dia harus minimal 20 hari atau satu bulan untuk 100 persen dan mulai main,” kata Radovic.

Namun demikian, kondisi Jupe diharapkan bisa lebih cepat pulih. Sehingga dia sudah bisa turun saat Persib melakoni laga-laga awal pada Liga 1 2019.

“Kita lihat mudah-mudahan lebih cepat. Tapi sampai hari petama liga dimulai,” pungkas Rafi.