JawaPos.com – Selamat ulang tahun PSSI. Federasi sepak bola di Indonesia, PSSI, sudah menginjak usia 89 tahun, Jumat (19/4) hari ini. Beragam doa dipanjatkan agar PSSI bisa membawa sepak bola Indonesia semakin maju.

Memasuki usia ke-89, masih ada segudang masalah yang menjadi pekerjaan rumah bagi PSSI. Dimulai dari nirprestasi di Tim Nasional (Timnas) senior. Walaupun diperkuat pemain terbaik, plus naturalisasi, Timnas masih saja kering prestasi.

Untuk sekadar menjadi raja di Asia Tenggara pun tak mampu. Prestasi Timnas senior telah disalip oleh adik-adiknya di Timnas U-22 maupun Timnas U-16. Kedua tim di kelompok umur itu telah menahbiskan diri sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

Persoalan termutakhir yang menyelimuti PSSI adalah skandal pengaturan skor. Tak tanggung-tanggung, skandal ini menyeret para petinggi federasi dan tengah menghadapi persidangan.

Berkaca dari kejadian-kejadian itu, PSSI diminta berbenah. Bertaubat untuk menjadi organisasi yang lebih baik lagi. “Harus ada komitmen bersama untuk menjadi lebih baik,” sebut Sekretaris Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim), Amir Burhannudin.

PSSI, lanjut Amir, sebenarnya telah berada di rel yang benar. Seluruh program PSSI yang berkaitan dengan pembinaan telah dikerjakan secara sempurna. Walaupun demikian, capaian itu memang belum memuaskan khalayak.

“Apabila dihubungkan denga harapan masyarakat, baik terhadap citra maupun prestasi, ya harus diakui bahwa masih harus ada perbaikan dan peningkatan,” terang pria yang berprofesi sebagai lawyer ini.

Dengan bertambahnya usia, Amir beserta seluruh masyarakat bola di Indonesia berharap PSSI semakin matang dan dewasa. “Semoga sepak bola Indonesia semakin maju,” harap Amir.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Syafaruddin