JawaPos.com – Tiga wakil ganda putra Indonesia saat ini sudah bertengger di ranking lima besar dunia. Meski demikian, PBSI ingin ada lebih banyak wakil yang bisa menghuni posisi 8 besar dunia demi Olimpiade Tokyo 2020.

Untuk diketahui, tiga pasangan ganda putra Indonesia yang saat ini ada di posisi 5 besar dunia adalah Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (ranking 1), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ranking 4) dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ranking 5). Berdasarkan aturan Olimpiade, satu negara boleh mengirim maksimal dua wakil dari sektor ganda yang berada di posisi 8 besar dunia.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengatakan masih ada waktu lebih dari satu tahun untuk menambah wakil Indonesia di jajaran top 8.

“Saya sih nggak mau cuma ada tiga wakil. Kalau bisa (sampai batas kualifikasi, Red) ada lima pasangan di posisi top 8 dunia. Jadi pilihannya bisa lebih banyak,” kata Susy, Selasa (16/4).

Dengan banyaknya pilihan, menurut Susy, PBSI akan jauh lebih mudah menentukan siapa yang layak berangkat ke Tokyo. “Kita melihat siapa yang punya potensi sumbang medali. Kita yakinkan secara head to head siapa yang lebih menguntungkan untuk Indonesia,” katanya.

Perhitungan poin Olimpiade Tokyo 2020 sendiri akan dimulai pada turnamen Selandia Baru Terbuka 2019 pada akhir April, dan berakhir di turnamen Kejuaraan Asia 2020.

“Masih ada setahun lebih. Biarlah seiring berjalannya waktu mereka bersaing dulu. Nanti kita lihat siapa yang pantas dan layak,” ujar Susy.