JawaPos.com – Pebulu tangkis putra Indonesia Firman Abdul Kholik memang bukanlah pemain yang saat ini bisa disejajarkan dengan Jonatan Christie atau Anthony Sinisuka Ginting. Sadar akan hal tersebut, Firman bertekad untuk bisa terus mengejar ketertinggalannya dari dua rekan sepelatnasnya itu.

Hal ini diungkapkan Firman usai menjuarai Vietnam International Challenge 2019 usai menundukkan Chico Aura Dwi Wardoyo 21-16 dan 21-7, Minggu (14/4) kemarin.

“Gelar ini sangat berarti buat saya, untuk meningkatkan rasa percaya diri saya,” kata Firman.

Firman sendiri saat ini masih menghuni ranking 56 dunia. Meski masih menjadi penghuni pelatnas PBSI, statusnya saat ini hanyalah sebagai pemain magang. Dengan posisi ranking dan statusnya saat ini, Firman pun tidak diproyeksikan PBSI untuk lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Hasil di Vietnam kemarin menunjukkan bahwa Firman tidak pasrah begitu saja dengan statusnya tersebut. Meskipun bukan turnamen bergengsi, setidaknya ia bisa memenangi turnamen yang diikuti oleh pemain-pemain yang satu level dengannya.

“Saya mau mengejar ketertinggalan dari teman-teman saya,” ujar Firman.

Indonesia sendiri mengoleksi tiga gelar juara di Vietnam International Challenge 2019. Selain Firman, dua gelar lain diamankan oleh ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah dan ganda putra Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro.

Dua gelar lainnya dibawa pulang wakil Jepang melalui ganda campuran Hiroki Midorikawa/Natsu Saito dan tunggal putri Hirari Mizui.