Warga menjalani pemeriksaan kesehatan usai mengikuti senam Gardenia yang di adakan Balkesmas Ambarawa. (Ist)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG- Halaman Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Ambarawa, Jumat pagi (29/3), terasa lebih semarak dibanding hari biasa. Pagi itu, halaman Balkesmas yang berada di tepi jalan Raya Ambarawa-Bandungan itu, dipenuhi oleh warga yang rutin seminggu sekali mengikuti senam Gardenia, yang diadakan Balkesmas Ambarawa. Dengan penuh antusias, peserta senam Gardenia yang didominasi kaum lansia itu, mengikuti gerakan senam yang dipimpin instruktur senam Gardenia dari Balkesmas Ambarawa.

Sofiatun (62), salah satu peserta senam Gardenia Balkesmas Ambarawa, usai senam mengaku rutin mengikuti senam tersebut. Banyak manfaat yang diperoleh, dengan mengikuti senam Gardenia, tubuhnya lebih bugar di usianya yang sudah senja. “Sejak ikut senam Gardenia yang diadakan Balkesmas Ambarawa, badan ini koq rasanya jadi lebih seger, lebih enak, makan juga jadi lebih enak, jadinya saya gak gampang pusing atau linu, gak kayak sebelum ikutan senam Gardenia,” tutur ibu bercucu 3 ini.

Manfaat mengikuti senam Gardenia yang di adakan Balkesmas Ambarawa, juga dirasakan Subandrio, warga Kranggan, Ambarawa. Sejak mengikuti senam Gardenia tahun lalu, dia mengaku tak pernah sekalipun absen, apalagi setelah dirinya merasakan manfaat yang luar biasa dengan mengikuti senam Gardenia. “Pertama-tama waktu itu nyoba-nyoba, ikut-ikutan dengan yang lainnya, tapi tak rasa-rasakan setelah beberapa bulan ikut senam Gardenia yang diadakan Balkesmas Ambarawa, badan saya koq rasanya lebih sehat, ya sudah saya ikut terus sampai sekarang,” ujar pria yang akrab dipanggil pak Subandri ini.

Usai mengikuti senam Gardenia yang di adakan Balkesmas Ambarawa, mereka kemudian menjalani cek kesehatan oleh tim medis Balkesmas Ambarawa, sehingga kesehatan mereka secara rutin terpantau. “Kita jadi tahu bagaimana kondisi kesehatan kita, apalagi kita kan sudah sepuh, jadi memang harus rajin kontrol, nah dengan ikut senam Gardenia yang diadakan Balkesmas Ambarawa ini, banyak manfaatnya selain senamnya bikin sehat, kita juga diperiksa kesehatannya setelah senam,” tutur Kardiyono (63), peserta senam Gardenia lainnya. Mereka berharap, Balkesmas Ambarawa tetap konsisten mengadakan kegiatan senam Gardenia, untuk membantu kesehatan masyarakat, khususnya kaum lansia. (sls/svc/ap)