JawaPos.com – Bagi Dwyane Wade, pekan ini akan menjadi masa krusial. Sebab akan menjadi penentu nasibnya untuk bisa tampil di playoff bersama Miami Heat. Bahkan, Wade terancam mengakhiri karir tanpa mencicipi babak playoff lagi.

Waktu salah satu bintang besar yang bakal pensiun akhir musim ini di NBA, Dwyane Wade, hampir habis. Tim yang dibelanya, Miami Heat, tinggal menyisakan enam laga seri reguler. Namun, Heat belum juga memastikan satu tiket ke babak playoff. Heat masih bersaing sengit dengan tiga tim lain dari Wilayah Timur untuk berebut tiga tiket post season tersisa.

Heat saat ini berada di peringkat 8 dengan rekor 38-38 (50%). Jumlah kemenangan itu sama dengan milik peringkat 9 Orlando Magic yang punya rekor 38-39 (49,4%). Perebutan tiket tersisa Wilayah Timur makin panas karena dua tim di atas Heat dan Magic, Detroit Pistons (39-37) dan Brooklyn Nets (39-38), hanya memiliki satu kemenangan lebih baik.

Kemarin Heat memulai 7 laga terakhirnya dengan bertandang ke markas New York Knicks, Madison Square Garden (MSG). Di laga tersebut Heat menang 100-92.

Meski mengalahkan tuan rumah, suporter Knicks tetap menyambut Wade dengan hangat. Itu karena laga tersebut menjadi yang terakhir bagi Wade tampil di di MSG sepanjang karir. Knicks sendiri sudah dipastikan gagal tampil di playoff.

“Saya selalu berharap mendapatkan tambahan waktu lagi untuk bersama dengan setiap orang di tim ini,” ucap Wade dilansir Newsday. “Tapi saat ini masih ada sedikit masalah yang harus diselesaikan,” ucap Wade.

Masalahnya, kemenangan Heat kemarin seakan tidak berarti apa-apa. Sebab, semua tim yang masih berpeluang medapatkan tiket playoff tersisa juga meraih kemenangan. Pistons sukses menekuk Portland Trail Blazers 99-90. Kemudian Magic mengempaskan Indiana Pacers 121-116. Sementara Brooklyn Nets melumat Boston Celtics 110-96.

Dari kemangan-kemenangan itu, hasil yang diraih Nets paling mengejutkan. Itu juga membuat mereka makin meramaikan persaingan menuju playoff.

Namun, Nets belum bisa berpuas diri. Mereka kini hanya memiliki lima laga tersisa. Di lima laga itu mereka harus bertarung kontra Milwauke Bucks (dua kali), Toronto Raptors, Indiana Pacers, dan Heat. Lima laga yang bakal tidak mudah dijalani.

Head coach Nets, Kenny Atkinson berharap anak asuhnya mampu kembali membuat kejutan seperti yang mereka tunjukkan di laga kontra Celtics kemarin. “Kami harus mengalahkan beberapa tim yang tidak biasa kami kalahkan. Sesimpel itu,” ucap Atkinson.

Atkinson boleh berharap seperti itu. Tapi, yang patut ditelisik, kemenangan Nets atas Celtics kemarin bukan sepenuhnya kejutan. Pasalnya, Celtics di laga itu sudah mengistirahatkan total dua bintang utamanya, Kyrie Irving dan Al Horford.

“Apapun itu, sampai saat ini kami belum menyerah,” ucap D’Angelo Russell, point guard Nets.

Persaingan ini memang brutal. Belum ada yang pasti dari empat tim Wilayah Timur ini. Mereka akan berusaha mengambil kemenangan di setiap game tersisa. Sambil berharap para pesaingnya tergelincir di laga lain. 

Hasil NBA, Senin (1/4)
Denver 90-95 Washington
San Antonio 106-113 Sacramento
Golden State 137-90 Charlotte
New Orleans 102-130 LA Lakers
Oklahoma City 103-106 Dallas
Atlanta 136-135 (OT) Milwaukee
LA Clippers 113-96 Memphis