JawaPos.com – Usulan pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri soal pemain U-23 di Liga 1 didukung oleh Bali United. Secara khusus, pelatih Stefano Cugurra juga berharap PSSI kembali menerapkan regulasi untuk memasukkan pemain U-23 di dalam setiap tim.

Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri memang pernah berujar bahwa regulasi Liga 1 2019 harus mewajibkan masing-masing tim memainkan pemain U-23. Hal ini, menurut coach Indra bisa mempermudah Timnas U-23 dalam mencari pemain untuk SEA Games 2019 di Filipina.

Usulan tersebut merupakan hasil evaluasi dari tim pelatih Timnas U-23. Bahwa para pemain U-23 masih kurang mendapat waktu bermain di klub masing-masing.

Soal penggunaan pemain U-23 di setiap tim ini didukung penuh oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Eks pembesut Persija Jakarta menilai, kompetisi di Indonesia memang kurang ‘ramah’ bagi pemain U-23.

“Ada kompetisi usia muda, tetapi tidak berlangsung lama dan sedikit. Jadinya harus ada pemain muda di dalam tim. Mereka pasti bisa bermain dan diberi kesempatan jika ada regulasi seperti ini,” ucap pria yang karib disapa Teco ini, kepada Jawa Pos Radar Bali.

Karena itu, Teco berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi segera menyusun regulasi terkait pemain U-23 ini. Karena, tanpa ada regulasi yang membatasi, tiap klub pasti akan cenderung menurunkan pemain senior di setiap laga.

“Kalau tidak ada regulasi itu, pasti dalam 30 pemain, tidak ada yang berusia di bawah 23. Semua pasti pemain senior. Seperti liga kemarin, ada tujuh pemain U-23 dan itu bagus. Saat ini kami sudah siap dengan regulasi itu dan hanya menunggu regulasi resmi dari PSSI,” tutupnya.